DEDIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SURUH KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH

MUHAMMAD ZAINAL ABIDIN, NIM. 11470059 (2015) DEDIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SURUH KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DEDIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SURUH KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (DEDIKASI GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI SURUH KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dedikasi guru dalam meningkatkan mutu pendidikan di MAN Suruh. Selanjutnya peran dedikasi guru tersebut diharapkan dapat diambil kesimpulan seberapa pentingnya peran dedikasi guru dalam meningkatkan mutu pendidikan, serta mengetahui kendala-kedala guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan pada fakta yang terjadi di lapangan, bahwa MAN Suruh termasuk sekolah yang mempunyai dedikasi guru yang baik dalam meningkatkan mutu pendidikannya, akan tetapi masih ditemukan beberapa hal yang mengurangi nilai mutu pendidikan sekolah tersebut. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang berjenis kualitatifdeskriptif dengan mengambil latar belakang MAN Suruh, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Pengumpulan data dilakukan dengan interview atau wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa MAN Suruh memiliki guru-guru yang berdedikasi. Wujud dedikasinya adalah 1) Adanya rasa kesediaan guru-guru untuk selalu berkorban baik pengorbanan tenaga, pikiran dan waktu demi meningkatkan mutu pendidikan, 2) Tumbuhnya rasa keinginan guru untuk memberikan yang terbaik dalam meningkatkan mutu pendidikan, 3) Guru MAN Suruh secara tidak langsung memiliki jiwa yang tangguh dalam meningkatkan mutu pedidikan. Selain itu MAN Suruh juga memiliki mutu pendidikan yang baik. Hal ini bisa diamati dari hasil peningkatan prestasi akademik yang diperoleh dari tahun ketahun. Sedangkan prestasi non akademik (keterampilan) dapat dilihat dari aktifnya kegiatan ekstrakurikuler. Selain itu, perubahan sikap peserta didik yang mengalami perubahan sikap semakin baik. Akan tetapi, dalam meningkatkan mutu pendidikan terdapat kendala-kendala yang dihadapi guru. Kedala tersebut adalah kondisi lokasi tempat tinggal guru yang jauh dari madrasah, kurangnya rasa hormat peserta didik kepada guru dan perbedaan pengetahuan dasar agama yang dimiliki peserta didik. Maka adanya dedikasi guru berdampak pada mutu pendidikan. Kata Kunci: Dedikasi Guru, Mutu Pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Subiyantoro M. Ag,
Uncontrolled Keywords: Dedikasi Guru, Mutu Pendidikan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2016 07:58
Last Modified: 03 Feb 2016 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19169

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum