MULTIKULTURALISME MENURUT H.A.R. TILAAR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

PILAN DARMAWAN, NIM: 11470062 (2015) MULTIKULTURALISME MENURUT H.A.R. TILAAR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MULTIKULTURALISME MENURUT H.A.R. TILAAR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MULTIKULTURALISME MENURUT H.A.R. TILAAR DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan fenomena yang ada bahwa Indonesia memiliki wilayah yang sangat luas. Kurang lebih terdapat 350 kelompok etnis, adat istiadat dan cara-cara sesuai dengan kondisi lingkungan yang mendiami wilayah Indonesia. Pada satu sisi keragaman dapat di terima sebagai fakta yang dapat memperkaya kehidupan bersama, namun pada sisi yang lain kemajemukan juga dapat berdampak negatif jika tidak dikelola dengan baik. Oleh karena itu perlu dilakukan kajian terhadap multikulturalisme berdasarkan perspektif pendidikan Islam guna meredam gejolak yang berkecamuk dalam masyarakat dan menjadikan Islam sebagai rahmatan lila’lamin. Salah satu tokoh pendidikan adalah H.A.R. Tilaar, dengan konsep dan pemikiran yang beliau bangun diharapkan mampu menjawab persoalan yang terjadi pada masyarakat. Beliau adalah pemikir skaligus praksis pendidikan dan beliau juga merupakan Guru besar Universitas Negri Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif library research (riset kepustakaan). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan filosofis sedangkan metode pengumpulan data yang di pakai adalah wawancara mendalam (indepth interview), dan dokumentasi. Adapun data yang di sajikan, dalam bentuk narasi-deskriptif sehingga data dapat dijadikan analisis dalam sebuah penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1. Multikulturalisme dalam pandangan H.A.R. Tilaar ialah sebuah pengakuan terhadap kebudayaan yang beragam dalam sebuah negara yang menuntut kehidupan bersama dengan penuh toleransi, saling menghormati dan menghargai antar budaya. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia, dan melalui pendidikan nasional yang terintegrasi dengan nilai-nilai multikulturalisme diharapkan dapat mempersatukan dan mempererat jalinan harmoni keberagaman masyarakat Indonesia. 2. Perspektif Pendidikan Islam terhadap pemikiran Tilaar, sesungguhnya manusia dilahirkan dengan fitrah yang sama (agama tauhid) tanpa membeda-bedakan etnik, ras, dan lain sebagainya, kemudian dapat mengembangkan potensi yang dimiliki demi meraih predikat ahsan taqwim. Hal ini senada dengan pemikiran Tilaar, yaitu memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap persamaan dan kesederajatan siswa. Doktrin Islam terhadap multikulturalisme, meskipun seirama dengan pemikiran Tilaar namun sesungguhnya terdapat perbedaan yang mendasar yaitu terletak pada aspek teologis, (ketauhidan) tidak bisa di samakan dengan selain Islam. Kata Kunci: Multikulturalisme, H.A.R. Tilaar, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Qowim M.Ag
Uncontrolled Keywords: Multikulturalisme, H.A.R. Tilaar, Pendidikan Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2016 08:01
Last Modified: 03 Feb 2016 08:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19170

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum