PERAN KEGIATAN OUTBOUND SEBAGAI WAHANA PENGEMBANGAN SOCIAL INTELLIGENCE BAGI TEAM OUTBOUND LP2KIS YOGYAKARTA

MUHTADIN, NIM: 11470103 (2015) PERAN KEGIATAN OUTBOUND SEBAGAI WAHANA PENGEMBANGAN SOCIAL INTELLIGENCE BAGI TEAM OUTBOUND LP2KIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEGIATAN OUTBOUND SEBAGAI WAHANA PENGEMBANGAN SOCIAL INTELLIGENCE BAGI TEAM OUTBOUND LP2KIS YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEGIATAN OUTBOUND SEBAGAI WAHANA PENGEMBANGAN SOCIAL INTELLIGENCE BAGI TEAM OUTBOUND LP2KIS YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (372kB)

Abstract

Penelitian ini berdasar fenomena bahwa dewasa ini teknologi informasi telah mengubah arah dunia, perubahan yang terjadi berdampak positif namun tidak sedikit pula dampak negatif yang ditimbulkan. Alienasi sosial terjadi diakibatkan oleh kurang pedulinya individu terhadap lingkungan sekitarnya. LP2KIS Yogyakarta merupakan lembaga yang berfokus pada pendidikan dan pelatihan serta outbound. Kegiatan outbound yang dikembangkan LP2KIS Yogyakarta menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan diatas. Sehingga tujuan penelitian ini adalah: (1) menjelaskan tentang gambaran umum kegiatan outbound (2) menjelaskan peran kegiatan outbound sebagai wahana pengembangan social intelligence bagi team outbound, dan (3) menjelaskan faktor penghambat dan pendukung kegiatan outbound. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun olah dan analisa data dimulai dari transcribing, labelling, grouping, comparing dan contrasting serta interpreting. Hasil penelitian ini adalah: (1) kegiatan outbound terlaksana dengan adanya team outbound dan peserta outbound. Kegiatan outbound bertujuan dan bermanfaat untuk mengembangkan kecerdasan sosial. Dalam kegiatan outbound terjalin kerjasama dan interaksi; (2) kegiatan outbound berperan terhadap pengembangan kecerdasan sosial team outbound. Hal ini dibuktikan dengan adanya dampak positif yang ditimbulkan berupa penyesuaian diri, hubungan baik dan empati di kalangan team outbound yang semakin baik setelah pelaksanaan kegiatan outbound; (3) hambatan dalam kegiatan outbound terjadi disebabkan oleh banyak faktor. Namun hambatan yang terjadi mampu diatasi karena team outbound telah dibekali dengan latihan rutin sebelum pelaksanaan kegiatan outbound. Kata kunci: Outbound, Social Intelligence.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Rinduan Zain, S.Ag, M.A,
Uncontrolled Keywords: Outbound, Social Intelligence.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2016 08:08
Last Modified: 03 Feb 2016 08:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19172

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum