PENDIDIKAN KEMANDIRIAN DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDIES CENTER ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA

ENI RIWAYATI, NIM: 11470117 (2015) PENDIDIKAN KEMANDIRIAN DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDIES CENTER ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN KEMANDIRIAN DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDIES CENTER ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN KEMANDIRIAN DI PONDOK PESANTREN ISLAMIC STUDIES CENTER ASWAJA LINTANG SONGO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah banyak pembelajaran atau pendidikan formal atau nonformal yang masih menerapkan konsep dan teorinya, tanpa memperhatikan skill anak untuk kedepannya, sehingga anak hanya paham ilmu dalam segi teorinya saja, dan pada akhirnya ketika anak lulus dari sekolah, anak tidak memiliki keterampilan dalam menghadapi kehidupannya. Pondok Pesantren Lintang Songo ini mempunyai tujuan yakni ketika santri lulus dari pesantren, santri mempunyai keterampilan untuk hidup mandiri tanpa bergantung dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem pembelajaran berbasis kemandirian yang ada di pondok pesantren Lintang Songo. Faktor penghambat dan pendukung serta hasil pembelajarannya di pondok pesantren Lintang Songo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif atau penelitian lapangan (field research) dengan mengambil latar Pondok Pesantren Islamic Studies Center aswaja Lintang Songo Piyungan Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah Pengasuh Pondok Pesantren, Bendahara Pesantren, Ustadz, Santri dalam program pertanian dan peternakan, Santri dalam program perikanan, santri dalam program konveksi, dan Pelatih dalam pembuatan kue di Pondok Pesantren Islamic Studies Center Aswaja Lintang Songo Piyungan. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem pembelajaran yang digunakan pondok pesantren Lintang Songo adalah: (1) teori dan praktik (2) keteladanan (3) studi banding. Program-program kemandirian yang di ajarkan adalah: (1) Program Pertanian (2) Program Perkebunan (3) Program Perikanan (4) Program Pertenakan (5) Program Konveksi (6) Program Kehutanan (7) Program Home Industri. Faktor pendukung yaitu: (a) SDM ini dibantu oleh kyai, ustadz, santri, dan dukungan dari masyarakat sekitar pondok) (b) Kerjasama, dilakukan dengan cara bagi hasil. Faktor penghambat (1) Sarana prasarana yang belum memadahi sebagai pemenuhan kebutuhan sehari-hari santri (2) Santri, dilihat dari segi kemalasannya, pecandu narkoba, pereman, anak jalanan, dan lain-lain (3) Asal usul santri, memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Hasil pembelajarannya yaitu: (a) perubahan sikap (b) perubahan dalam keterampilan atau skill. Kata Kunci : Pendidikan, Kemandirian

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dra. Hj. Nur Rohmah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Kemandirian
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2016 01:21
Last Modified: 03 Feb 2016 01:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19175

Actions (login required)

View Item View Item