IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SUMPAH KARATE UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MTs NEGERI LABORATORIUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

DESY LEGIYA UTAMI, NIM. 11470120 (2015) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SUMPAH KARATE UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MTs NEGERI LABORATORIUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SUMPAH KARATE UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MTs NEGERI LABORATORIUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI NILAI-NILAI SUMPAH KARATE UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA DI MTs NEGERI LABORATORIUM UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Problematika yang dibahas didalam penelitian ini yaitu terbentuknya karakter disiplin siswa yang ikut ekstrakurikuler karate karena mereka mampu menerapkan nilai-nilai sumpah karate didalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui proses implementasi nilai-nilai sumpah karate, sistem pendidikan didalam karate dan tingkat kedisiplinan siswa yang ikut ekstrakurikuler karate di MTs Negeri Laboratorium UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk penelitian kualitatif. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dengan mengambil 14 orang yang menjadi subyek penelitian, yaitu kepala madrasah, wakil kepala bidang kesiswaan, 1 staff bidang kesiswaan, 2 pelatih ekstrakurikuler karate dan 9 siswa yang mengikuti ekstrakurikuler karate kurang lebih 2 tahun. Untuk menguji keabsahan data hasil penelitian menggunakan metode trianggulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses implementasi nilai-nilai sumpah karate terbagi menjadi tiga tahapan, yakni menghafal sumpah karate, menenangkan pikiran dan latihan. Terdapat faktor pendukung dan penghambat proses implementasi nilai-nilai sumpah karate, adapun faktor pendukungnya yaitu, keaktifan siswa saat berangkat latihan, kerjasama pelatih dengan siswa, dukungan pihak sekolah dan orangtua, komunikasi orangtua dengan pelatih lancar dan kondisi psikologis kohai atau siswa. Faktor penghambatnya yaitu siswa tidak rajin berangkat latihan, fasilitas ekstrakurikuler karate, komunikasi pelatih dengan orang tua tidak lancar, kondisi psikologis kohai atau siswa. Adapun sistem pendidikan karate di MTs Negeri Laboratorium UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yaitu, tradisi, hukuman, keteladanan atau pemberian contoh yang dilakukan oleh pelatih, sumpah karate, belajar sambil bermain dan pemebrian penghargaan atau reward. Tingkat kedisiplinan siswa MTs Negeri Laboratorium UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang ikut serta ekstrakulikuler karate, dapat dikatakan mengalami peningkatan walaupun belum maksimal. Tingkat kedisiplinan dapat dilihat dari frekuensi siswa yang datang terlambat latihan rutin sudah mulai berkurang, frekuensi keterlambatan saat masuk sekolah juga sudah mulai berkurang dan juga bertambahnya prestasi siswa didalam setiap kejuaraan Kata Kunci : sumpah karate, disiplin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nai’mah M.Hum.
Uncontrolled Keywords: sumpah karate, disiplin
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2016 08:24
Last Modified: 03 Feb 2016 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19176

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum