PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS IV DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015

MUHAMMAD TAUFIK ROHMAN, NIM. 08480021 (2015) PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS IV DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS IV DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF SISWA KELAS IV DI MI SULTAN AGUNG SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (910kB)

Abstract

Latar belakang penelitian untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam memotivasi anak mereka untuk meningkatkan prestasi akademik anak di madrasah, apa sajakah bentuk motivasi yang diberikan oleh orang tua kepada anaknya, dan seperti apakah peran dari motivasi orang tua terhadap prestasi belajar anak mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk dari pemberian motivasi orang tua yang diberikan kepada anaknya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, juga untuk mengetahui apa sajakah peran motivasi terhadap prestasi belajar siswa kelas IV MI Sultan Agung Sleman Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui teknik triangulasi data. Responden enam orang tua siswa terdiri dari tiga orang tua dari siswa yang berprestasi tinggi dan tiga orang tua dari siswa yang kurang berprestasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) setiap orang tua memberikan motivasi kepada anaknya secara merata untuk meningkatkan prestasi belajar mereka dengan cara yang berbeda karena menyesuaikan dengan kondisi anak 2) bentuk dan cara motivasi orang tua kurang berpengaruh terhadap prestasi belajar anak di madrasah 3) peran orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar anaknya di madrasah ada beberapa hal yang dilakukan, melakukan pendampingan terhadap belajar anak sehingga anak akan terbantu jika mengalami kesulitan dalam belajar dan orang tua harus selalu siap untuk membantu anak mencari solusi, memberikan fasilitas yang dibutuhkan anak untuk menunjang kegiatan belajar mulai dari buku bacaan,alat tulis dan lain-lain, memberi dorongan kepada anak untuk tetap semangat dalam belajar dan meraih prestasi yang lebih bagus baik itu secara perbuatan maupun ucapan, melakukan pengarahan dan pengawasan dalam belajar supaya anak tetap fokus dalam belajar dan tidak terpengaruh dengan hal buruk yang dapat merusak anak. Kata Kunci : Motivasi, orang tua, hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Nur Hidayat, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, orang tua, hasil belajar kognitif siswa.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP
Date Deposited: 04 Feb 2016 04:35
Last Modified: 04 Feb 2016 04:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19181

Actions (login required)

View Item View Item