ANALISIS PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PENGGUNA PRODUK GADAI EMAS SYARIAH ( STUDI PADA BANK BPD DIY SYARIAH CABANG CIK DI TIRO )

SHOFA RIADHATUL MUNAWAROH, NIM. 11390017 (2015) ANALISIS PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PENGGUNA PRODUK GADAI EMAS SYARIAH ( STUDI PADA BANK BPD DIY SYARIAH CABANG CIK DI TIRO ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PENGGUNA PRODUK GADAI EMAS SYARIAH ( STUDI PADA BANK BPD DIY SYARIAH CABANG CIK DI TIRO ))
11390017_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP LOYALITAS NASABAH PENGGUNA PRODUK GADAI EMAS SYARIAH ( STUDI PADA BANK BPD DIY SYARIAH CABANG CIK DI TIRO ))
11390017_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Relationship marketing merupakan strategi pemasaran yang digunakan untuk mempertahankan pelanggan dengan menekankan pada pemeliharaan hubungan yang bernilai dengan pelanggan dan berorientasi jangka panjang. Dengan demikian studi ini akan menguji dan menganalisis bagaimana pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas nasabah pengguna produk gadai emas syariah di BPD DIY Syariah Cabang Cik Di Tiro Yogyakarta. Penelitian ini termasuk kategori penelitian lapangan. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah gadai emas syariah di Bank BPD DIY Syariah Cabang Cik Di Tiro, dengan metode purposive sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah loyalitas nasabah sedangkan variabel independennya adalah kepercayaan (trust), komitmen (commitment), kedekatan emosional (customer bonding), kepuasan (satisfaction) dan komunikasi (communication). Data dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan (Uji F) Kepercayaan, Komitmen, Kedekatan Emosional, Kepuasan, Komunikasi memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah pengguna produk gadai emas syariah di BPD DIY Syariah Cabang Cik Di Tiro Yogyakarta sebesar 56.3%. Secara parsial atau (Uji t) menunjukkan bahwa variabel kepercayaan dengan nilai signifikansi 0.049 dengan α < 0.05, kepuasan dengan nilai signifikansi 0.015 dan komunikasi dengan nilai signifikansi 0.021 berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan variabel komitmen dan kedekatan emosional tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: JOKO SETYONO, S.E, M.Si
Uncontrolled Keywords: Relationship Marketing, Kepercayaan, Komitmen, Kedekatan Emosional, Kepuasan, Komunikasi dan Loyalitas Nasabah
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Feb 2016 10:35
Last Modified: 03 Feb 2016 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19192

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum