PRAKTIK SEWA-MENYEWA SAWAH SISTEM OYOTAN DAN TAHUNAN DI DUSUN PANDES 1, WONOKROMO, PLERET, BANTUL, YOGYAKARTA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM

NURUL ISTIROFAH, NIM. 11380057 (2015) PRAKTIK SEWA-MENYEWA SAWAH SISTEM OYOTAN DAN TAHUNAN DI DUSUN PANDES 1, WONOKROMO, PLERET, BANTUL, YOGYAKARTA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK SEWA-MENYEWA SAWAH SISTEM OYOTAN DAN TAHUNAN DI DUSUN PANDES 1, WONOKROMO, PLERET, BANTUL, YOGYAKARTA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM)
11380057_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK SEWA-MENYEWA SAWAH SISTEM OYOTAN DAN TAHUNAN DI DUSUN PANDES 1, WONOKROMO, PLERET, BANTUL, YOGYAKARTA DITINJAU DARI HUKUM ISLAM)
11380057_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Dusun Pandes 1 merupakan salah satu dusun yang terletak di Desa Wonokromo Kecamatan Pleret Kabupaten Bantul yang mayoritas mata pencahariannya adalah sebagai petani, diantara anggota masyarakat mengenal sewa dengan sistem oyotan dan tahunan yang merupakan masa sewa yang dilakukan untuk melakukan sewa-menyewa pengeloaan tanah sawah antara pihak pemilik sawah dengan pihak penyewa sawah. Al-ijārah adalah suatu jenis akad untuk mengambil manfaat dengan jalan penggantian. Terdapat dua kategori yang dilakukan, yang pertama yaitu perjanjian antara pihak pemilik sawah dengan pihak penyewa dalam hal pihak penyewa yang mengerjakan tanah sawah selama masa perjanjian, dan yang kedua antara pihak pemilik sawah dengan pihak penyewa dalam hal pihak pemilik sawah yang mengerjakan tanah sawah miliknya. Pada perjanjian kategori kedua berlangsung kesepakatan bagi hasil pada lahan sawah dengan ketentuan pihak pemilik sawah menerima uang dari pihak penyewa diawal akad dengan diserahkannya hak sewa kepada pihak penyewa atas tanah sawah, namun pengolahan tanah sawah dibebankan kepada pihak pemilik sawah selama masa perjanjian. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah bentuk akad dalam praktik sewa menyewa sawah sistem oyotan dan tahunan di Dusun Pandes 1, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta. (2) Sejauh mana praktik sewa menyewa sawah sistem oyotan dan tahunan di Dusun Pandes 1, Wonokromo, Pleret, Bantul, Yogyakarta telah memenuhi ketentuan akad syariah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan (field research). Adapun Sifat penelitian dalam penyusunan gunakan adalah preskripstif analitik, penelitian preskriptif secara singkat penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran atau merumuskan masalah sesuai dengan keadaan atau fakta yang ada dengan mengunakan pendekatan normative dengan menganalisa permasalahan dengan metode metode analisis kualitatif. Penulis menggunakan analisis deduktif yaitu menerapkan suatu norma hukum bagi penyelesaian suatu permasalahan. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data adalah metode wawancara dengan menerapkan interview dalam bentuk interview terpimpin. Setelah dilakukan penelitian, terdapat dua bentuk akad. Bentuk perjanjian dalam kategori pertama adalah akad Al-ijārah, sedangkan bentuk perjanjian kedua adalah akad mukhabarah. Kemudian dari segi ketentuan-ketentuan umum akad, pada perjanjian kategori pertama sudah sesuai dengan hukum Islam karena akad yang digunakan telah memenuhi rukun, syarat terbentuknya akad, syarat keabsahan akad, syarat berlakunya akibat hukum dan syarat mengikat akad. Sedangkan perjanjian dalam kategori kedua juga sudah sesuai dengan hukum Islam karena telah memenuhi rukun, syarat terbentuknya akad, syarat keabsahan akad, syarat berlakunya akibat hukum dan syarat mengikat akad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. H. Syamsul Anwar, M.A
Uncontrolled Keywords: sewa menyewa sawah, sistem oyotan dan tahunan
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 03 Feb 2016 04:19
Last Modified: 03 Feb 2016 04:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19201

Actions (login required)

View Item View Item