ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN PUBLIK, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII TAHUN 2012-2013

ARIS MAULIDA, NIM. 11390081 (2015) ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN PUBLIK, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII TAHUN 2012-2013. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN PUBLIK, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII TAHUN 2012-2013)
11390081_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UMUR PERUSAHAAN, KEPEMILIKAN PUBLIK, PROFITABILITAS, DAN LEVERAGE TERHADAP TINGKAT PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JII TAHUN 2012-2013)
11390081_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh karakteristik perusahaan terhadap tingkat pengungkapan intellectual capital. Variabel yang mewakili karakteristik perusahaan adalah ukuran perusahaan yang diukur menggunakan total aset, umur perusahaan, kepemilikan publik, profitabilitas yang diukur dengan return on assets, dan leverage yang diproksikan dengan debt to equity ratio. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang masuk dalam Jakarta Islamic Index. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga sesuai kriteria yang ditetapkan diambil 22 sampel perusahaan selama periode penelitian yaitu 2012-2013 sehingga sampel berjumlah 44. Penelitian ini menggunakan alat analisis regresi data panel dan pengujian hipotesis menggunakan uji T dan uji F. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan hasil bahwa secara simultan, dengan tingkat kesalahan 5% semua variabel independen yaitu ukuran perusahaan, umur perusahaan, kepemilikan publik, profitabilitas, dan leverage mempunyai pengaruh yang positif signifikan terhadap tingkat pengungkapan intellectual capital sebesar 25,27%, sedangkan 74,73% dijelaskan oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti. Sementara pengujian secara parsial menyimpulkan bahwa variabel ukuran perusahaan mempunyai pengaruh positif signifikan terhadap tingkat pengungkapan intellectual capital sebesar 12,63% sedangkan variabel lain tidak berpengaruh terhadap tingkat pengungkapan intellectual capital.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SUNARYATI, SE., M.Si 2. DIAN NURIYAH SOLISSA
Uncontrolled Keywords: Intellectual capital, ukuran perusahaan, umur perusahaan, kepemilikan publik, profitabilitas, dan leverage
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Feb 2016 07:48
Last Modified: 04 Feb 2016 07:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19204

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum