FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA

FIA MARLINA, NIM. 11390093 (2015) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA)
11390093_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KETEPATAN WAKTU PELAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI INDEKS SAHAM SYARIAH INDONESIA)
11390093_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh leverage, likuiditas, ukuran perusahaan, skruktur kepemilikan publik, kualitas auditor, umur perusahaan dan opini audit terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Obyek penelitian ini adalah perusahaan property and real estate yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia. Periode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tahun 2012-2014. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Jumlah perusahaan yang dijadikan sampel dalam penelitian adalah 31 perusahaan dengan pengamatan selama tiga tahun sehingga sampel yang terpilih sebanyak 93 perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan pendekatan kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah regresi logistik dengan tingkat signifikansi 0,05 dan 0,10. Berdasarkan hasil uji McFadden R2 gabungan variabel leverage, likuiditas, ukuran perusahaan, kepemilikan publik, reputasi auditor (KAP), umur perusahaan dan opini audit dapat menjelaskan variabel ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan sebesar 15,03% dan sisanya sebesar 84,97% diterangkan oleh variabel lain di luar model penelitian ini. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan opini auditor berpengaruh positif signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan. Kepemilikan publik berpengaruh negatif dan signifikan terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan. Sementara itu, variabel leverage, likuiditas, kualitas auditor, dan umur perusahaan terbukti tidak berpengaruh terhadap ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sunaryati, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: ketepatan waktu (timelines), leverage, likuiditas, ukuran perusahaan, struktur kepemilikan, kualitas auditor, umur perusahaan, opini audit.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Feb 2016 07:50
Last Modified: 04 Feb 2016 07:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19206

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum