ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LIKUIDITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2012-2014

AENA MARDIYAH, NIM. 11390094 (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LIKUIDITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2012-2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LIKUIDITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2012-2014)
11390094_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LIKUIDITAS BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2012-2014)
11390094_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pemeliharaan kesehatan bank antara lain dilakukan dengan tetap menjaga likuiditasnya, sehingga bank bisa memenuhi kewajiban kepada semua pihak yang menarik atau mencairkan dana simpanannya sewaktu-waktu. Pentingnya penilaian likuiditas atas FDR suatu bank merupakan salah satu cara untuk bisa menentukan apakah bank tersebut dalam kondisi yang baik atau buruk. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh DPK, CAR, NPF, ROA, DER, penempatan dana pada PUAS, dan inflasi terhadap likuiditas yang diproksikan Financing to Deposit Ratio (FDR). Populasi pada penelitian ini adalah seluruh Bank Umum Syariah (BUS). Sampel penelitian ini sejumlah 9 Bank Umum Syariah (BUS), dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder yang berupa laporan keuangan triwulanan perbankan syariah yang menjadi sampel selama periode penelitian dari triwulan I 2012 sampai dengan triwulan IV 2014. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear data panel dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa DPK, CAR, NPF, ROA, DER, penempatan dana pada PUAS, dan inflasi terbukti secara simultan berpengaruh signifikan terhadap FDR. Pengujian secara parsial membuktikan bahwa Dana Pihak Ketiga (DPK) mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR). Non Performing Financing (NPF) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR). Capital Adequacy Ratio (CAR), Return On Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), Penempatan dana pada PUAS dan inflasi terbukti tidak signifikan terhadap Financing to Deposit Ratio (FDR).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SUNARYATI, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Financing to Deposit Ratio (FDR), Dana Pihak Ketiga (DPK), Capital Adequacy Ratio (CAR), Non Performing Financing (NPF), Return On Asset (ROA), Debt to Equity Ratio (DER), PUAS dan inflasi.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Feb 2016 07:53
Last Modified: 04 Feb 2016 07:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19207

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum