ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEBIJAKAN UTANG TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DES PERIODE 2010-2013)

BUDI PRASETYO, NIM. 11391004 (2015) ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEBIJAKAN UTANG TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DES PERIODE 2010-2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEBIJAKAN UTANG TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DES PERIODE 2010-2013))
11391004_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENGARUH PROFITABILITAS, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, UKURAN PERUSAHAAN, DAN KEBIJAKAN UTANG TERHADAP MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI DES PERIODE 2010-2013))
11391004_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh profitabilitas, kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, dan kebijakan utang terhadap manajemen laba. Objek dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Daftar Efek Syariah. Jumlah sampel yang diperoleh dalam penelitian ini sebanyak 52. Penelitian ini termasuk penelitian terapan atau sering disebut applied research, merupakan penelitian yang menyangkut aplikasi teori untuk memecahkan permasalahan tertentu. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka). Metode pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, sedangkan analisis data menggunakan metode analisis regresi berganda. Variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas, kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, dan kebijakan utang. Sedangkan variabel dependennya yang digunakan dalam peneltian ini adalah manajemen laba. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa data tahunan dari tahun 2010 sampai tahun 2013 dari www.idx.co.id. Untuk menjelaskan pengaruh variabel tersebut, data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan model regresi berganda. Untuk mengetahui pengaruh simultan digunakan uji F. Hasil uji F menunjukkkan bahwa profitabilitas, kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan dan kebijakan utang secara bersamaan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba. Untuk mengetahui pengaruh secara parsial digunakan uji t. Berdasarkan hasil pengujian secara statistik dan analisis pembahasan penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas berpengaruh positif terhadap manajemen laba dan kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap manajemen laba, sedangkan ukuran perusahaan dan kebijakan utang tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: SUNARYATI, S.E, M.Si.
Uncontrolled Keywords: profitabilitas, kepemilikan manajerial, ukuran perusahaan, kebijakan utang, manajemen laba
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 04 Feb 2016 07:57
Last Modified: 04 Feb 2016 07:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19209

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum