PANDANGAN ABDURRAHMAN BA ‘ALAWI TENTANG KONSEP KAFA’AH NASAB SYARIFAH DALAM KITAB BUGYAH AL-MUSTARSYIDIN (TINJAUAN HUKUM KELUARGA ISLAM )

MAULANA ABDILAH RIFQI, NIM. 09350093 (2015) PANDANGAN ABDURRAHMAN BA ‘ALAWI TENTANG KONSEP KAFA’AH NASAB SYARIFAH DALAM KITAB BUGYAH AL-MUSTARSYIDIN (TINJAUAN HUKUM KELUARGA ISLAM ). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PANDANGAN ABDURRAHMAN BA ‘ALAWI TENTANG KONSEP KAFA’AH NASAB SYARIFAH DALAM KITAB BUGYAH AL-MUSTARSYIDI<N (TINJAUAN HUKUM KELUARGA ISLAM ))
09350093_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PANDANGAN ABDURRAHMAN BA ‘ALAWI TENTANG KONSEP KAFA’AH NASAB SYARIFAH DALAM KITAB BUGYAH AL-MUSTARSYIDI<N (TINJAUAN HUKUM KELUARGA ISLAM ))
09350093_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Pernikahan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang saki>nah, mawa>dah, dan rah}mah. Tetapi untuk mencapai tujuan tersebut, maka hendaknya dalam pernikahan adan unsur kafa>‘ah , yaitu kesepadanan keadaan dari pihak laki-laki kepada pihak wanita dalam berbagai hal termasuk agama, nasab, pekerjaan dan merdeka. Dari konsep inilah melahirkan adanya konsep kafa>‘ah nasab syarifah, adanya pelarangan pernikahan antara Syarifah dengan Non Sayyid yang bukan dari nasab Rasulullah SAW. Dalam skripsi inilah adalah suatu permasalahan tentang bagaimana pandangan Abduurrahman Ba ‘Alawi dalam kitab Bugyah al-Mustarsyidi>n dab tentang konsep kafa>‘ah syarifah atau adanya pelarangan pernikahan antara Syarifah dengan laki-laki yang bukan keturunan Nabi Muhammad SAW serta bagaimana tinjauan hokum keluarga Islam terhadap pandangan Abdurrahman Ba’ Alawi tentang konsep kafa>’ah Syarifah. Sedangkan untuk metode dalam penelitian ini adalah jenis penelitian Library Research (penelitian kepustakaan, literer) .Semua sumber berasal dari bahan-bahan tertulis yang berkaitan dengan permasalahan penelitian dan literatur-literatur lainnya. Dalam hal ini literatur atau data yang akan diteliti adalah sebuah kitab Bugyah al-Mustaryidi>n karya Abdurrahman Ba ‘Alawi dalam bab kafa>‘ah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan normatif yaitu cara mendekati permasalahan yang diteliti berdasarkan hukum Islam dengan cara melakukan pemahaman terhadap teks-teks Al-Qur’an, Hadist, dan pendapat Ulama’. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan, bahwa menurut Abdurraman Ba ‘Alawi dalam kitab Bugyah al-Mustarsyidi>n , bahwa seorang Syarifah seharusnya menikah dengan seorang laki-laki yang masih kerabat dekatnya atau jauh yang masih dalam hubungan nasab dan bagi mereka yang masih keturunan Rasulullah SAW terdapat perbedaan derajat keutamaan dan kemuliaan yang dimilki oleh orang lain yang bukan keturunan Rasulullah SAW. Dalam tinjauan hukum keluarga Islam kafa>’ah nasab Syarifah bukan menjadi syarat suatu pernikahan, akan tetapi keharmonisan kebahagiaan dalam suatu rumah tangga sangat ditentukan oleh keharmonisan pasangan tersebut. Bila terjadi pernikahan anatara Syarifah dengan laki-laki yang bukan keturunan Nabi Muhammad SAW akan terjadi ketidak cocokan antara suami istri tidak hanya berdampak buruk terhadap keduanya, tetapi kepada besan dan keluarga lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. AGUS MOH. NAJIB, M.Ag
Subjects: Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Al-Ahwal Asy-Syakhsiyyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Feb 2016 08:13
Last Modified: 05 Feb 2016 09:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19224

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum