TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI PERDA KOTA YOGYAKARTA NOMOR 5 TAHUN 2012 (STUDI KASUS KENAIKAN HARGA RETRIBUSI PARKIR KENDARAAN BERMOTOR DI KAWASAN WISATA KOTA YOGYAKARTA)

IRA FATUNNISA, NIM. 11380086 (2015) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI PERDA KOTA YOGYAKARTA NOMOR 5 TAHUN 2012 (STUDI KASUS KENAIKAN HARGA RETRIBUSI PARKIR KENDARAAN BERMOTOR DI KAWASAN WISATA KOTA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI PERDA KOTA YOGYAKARTA NOMOR 5 TAHUN 2012 (STUDI KASUS KENAIKAN HARGA RETRIBUSI PARKIR KENDARAAN BERMOTOR DI KAWASAN WISATA KOTA YOGYAKARTA))
11380086_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP IMPLEMENTASI PERDA KOTA YOGYAKARTA NOMOR 5 TAHUN 2012 (STUDI KASUS KENAIKAN HARGA RETRIBUSI PARKIR KENDARAAN BERMOTOR DI KAWASAN WISATA KOTA YOGYAKARTA))
11380086_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Yogyakarta merupakan kota yang banyak menyediakan tempat-tempat wisata, dimana lokasi tersebut disediakan tempat parkir yang diperuntukan untuk pengunjung. Banyak orang dari berbagai daerah hanya untuk berwisata di kota Yogyakarta ini. Namun demikian, tidak sedikit masalah yang dialami para pendatang di kota ini. Salah satu masalah yang ada adalah sistem tata kota terkait sistem parkir. Namun dalam kenyataanya, asas keadilan kurang tercapai,seperti tarif retribusi parkir yang telah di tentukan dalam Perda Kota Yogyakarta Nomor 5 Tahun 2012 belum telaksanakan. Dalam hal ini juru parkir di kawasan kota Yogyakarta menaikan harga dua kali lipat. Tujuan penelitianmenjelaskan dan mendalami permasalahan terkait kenaikan harga retribusi parkir yang dilakukan oleh juru parkir. Kemudian menjelaskan dan mendiskripsikan peraturan daerah kota Yogyakarta No.5 Tahun 2012 tentang Retribusi Jasa Umum dimana retribusi parkir ada pada bab VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan (field research), yaitu dengan mencari sumber-sumber data langsung di tempat parkir wisata Kota Yogyakarta diantaranya : kawasan wisata Malioboro, Alun-Alun Selatan, dan Keraton. Selain di tempat wisata tersebut penulis juga mencari data di Dinas Perhubungan Yogyakarta dengan cara wawancara dan meminta data-data statistik yang berkaitan dengan sistem parkir. Dalam pelaksanaanya Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2012 tidak diimplementasikan dengan benar pada area parkir kawasan wisata di Daerah Istemewa Yogyakarta terutama Malioboro, Alun-alun selatan dan Keraton, karena terjadi kenaikan tarif antara Rp.2000 sampai dengan Rp.3000 untuk kendaraan bermotor. Dalam kartu parkir sebenarnya telah tertera harga retribusi parkir sebesar Rp.1000, tapi pada kenyataanya juru parkir memungut retribusi dua kali lipat dari harga asli yang telah tertera. Sikap memaksa yang dijalankan oleh juru parkir menjadikan banyak penitip kendaraan tidak mampu menolak harga retribusi tersebut. Menurut hukum Islam, menaikan retribusi parkir tidak diperbolehkan serta tidak memenuhi syarat sahnya akad.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Muhrisun M.Ag.,M.SW
Uncontrolled Keywords: tinjauan hukum islam, implementasi perda kota yogyakarta nomor 5 tahun 2012, retribusi parkir kendaraan bermotor
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 04 Feb 2016 06:52
Last Modified: 04 Feb 2016 06:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19233

Actions (login required)

View Item View Item