MAKNA BERKEYAKINAN KEPADA TUHAN MELALUI SIMBOL DAN TANDA (ANALISIS SEMIOTIKA DALAM FILM PK)

SIGIT PAMBUDI, NIM. 11510013 (2015) MAKNA BERKEYAKINAN KEPADA TUHAN MELALUI SIMBOL DAN TANDA (ANALISIS SEMIOTIKA DALAM FILM PK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAKNA BERKEYAKINAN KEPADA TUHAN MELALUI SIMBOL DAN TANDA (ANALISIS SEMIOTIKA DALAM FILM PK))
11510013_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MAKNA BERKEYAKINAN KEPADA TUHAN MELALUI SIMBOL DAN TANDA (ANALISIS SEMIOTIKA DALAM FILM PK))
11510013_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Film merupakan media paling efektif untuk memberikan pengaruh. Media hiburan sekaligus bisa juga mendidik atau malah mampu membodohkan. Memfilter film yang ingin ditonton adalah cara bijak menanggapi pesatnya perkembangan perfilman. Ada beberapa film yang menonjolkan sekedar hiburan semata dan ada juga yang menyelipkan pesan khsusus yang dapat diambil untuk penikmat. Pesan yang ingin disampaikan oleh produser (sutradara) untuk penonton biasanya berupa pesan moral. Beberapa produser mungkin saja sadar akan beberapa kondisi manusia yang akhir-akhir ini telah kehilangan jati diri karena pengaruh teknologi. Film PK ini, adalah film yang patut untuk ditonton. Selain menghibur, membaca makna keyakinan akan adanya Tuhan menjadi titik fokus film tersebut. Setelah sukses dengan film “3 Idiot”, Rajkumar Hirani kembali membuat film yang berkesan memberikan pesan khusus untuk penonton. Film PK menceritakan sebuah Alien Humanoid yang sedang meneliti bumi dan terdampar di Bumi. Kemudian mempelajari kebiasaan-kebiasaan manusia disana. Mulai dari berpakaian sampai mempelajari mengenal Tuhan. Karakter Utama yang digambarkan sebagai orang ateis yang belum percaya adanya Tuhan, sesungguhnya sedikit banyak dapat menemukan kebenaran tentang adanya Tuhan. Ateisme yang digunakan oleh sutradara untuk karakter utama mirip dengan gejala Ateisme Rasionalis Rostand, dimana menurut Rostand, kepercayaan adalah apa yang dialami, dipelajari dan dipahami sendiri oleh pelakunya. PK mencoba semua ritual dan agama yang ada di India. Menggunakan “pisau” semiotika sebagai analisis film ini mempunyai kesan tersendiri, yaitu dapat memperhatikan makna simbol dan tanda yang diselipkan oleh sutradara. Semiotika media pada dasarnya untuk mengkaji apa yang dimaksudkan atau direpresentasikan, bagaimana cara kerjanya dan bagaimana ia bisa menimbulkan makna. Keuntungan yang tidak secara mentah sekedar hiburan, tapi film harusnya mampu memberikan pesan khusus untuk penikmat. Itulah seharusnya yang kita harapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Robby Habiba Abror, S.Ag.M.Hum
Uncontrolled Keywords: Film, Ateisme, Semiotika
Subjects: Filsafat Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Filsafat Agama (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 05 Feb 2016 08:24
Last Modified: 05 Feb 2016 08:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19237

Actions (login required)

View Item View Item