PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI SD IT SALMAN AL FARISI 2 YOGYAKARTA)

PINTA ASTUTI, NIM. 11420070 (2015) PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI SD IT SALMAN AL FARISI 2 YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI SD IT SALMAN AL FARISI 2 YOGYAKARTA))
11420070_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN EDUTAINMENT DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (STUDI KASUS DI SD IT SALMAN AL FARISI 2 YOGYAKARTA))
11420070_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang model Pembelajaran Bahasa Arab pada kelas 5 SD IT Salman Al Farisi 2 Yogyakarta yang ditinjau dari prinsip-prinsip edutainment dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam penerapannya. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru kepada semua pihak yang berkecimpung dalam dunia pembelajaran khususnya pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil obyek penelitian SD IT Salman Al Farisi 2 Yogyakarta. Pengambilan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk sumber data adalah guru mata pelajaran bahasa Arab kelas 5, anak didik kelas 5 dan guru bahasa Arab di kelas lain, kepala sekolah serta staf tata usaha. Dalam hal ini penulis menggunakan teknik analisis data dengan tahapan sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, menarik kesimpulan dan verifikasi, dan terakhir adalah triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) penerapan edutainment dalam pembelajaran bahasa Arab dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, menumbuhkan minat siswa dalam pembelajaran karena guru melakukan pendekatan yang intens terhadap siswa, memberi kebebasan pada siswa untuk belajar sesuai dengan gaya belajar mereka dan mengoptimalkan tempat belajar selain kelas dan merancang pendidikan kolaboratif. (2) Adapun faktor penghambat dalam pembelajaran bahasa Arab adalah kemampuan guru dalam mendesain pembelajaran masih kurang dan faktor pendukung terdapat pada fasilitas sekolah yang memadai untuk melaksanakan pembelajaran berbasis edutainment. .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Ahmad Rodli, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa Arab dan edutainment
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Feb 2016 14:43
Last Modified: 09 Feb 2016 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19286

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum