PEMBELAJARANNAHWU DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI KELAS IV AWALIYAH MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRA KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

ZAINAL MUTTAQIN, NIM. 11420092 (2015) PEMBELAJARANNAHWU DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI KELAS IV AWALIYAH MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRA KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARANNAHWU DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI KELAS IV AWALIYAH MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRA KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
11420092_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARANNAHWU DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DI KELAS IV AWALIYAH MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH PUTRA KOTAGEDE YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015)
11420092_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (811kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses penerapan “Metode Diskusi” dalam pembelajaran nahwu di kelas IV Awaliyah Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putra dan beberapa faktor pendukung danp enghambat serta mengetahui efektifitas pembelajarannya. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan cara berpikir induktif. Dan Metode pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Sedangkan analisis data yang digunakan penulis yaitu reduksi data, display data dan verivikasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan : 1. Penerapan pembelajaran nahwu dengan menggunakan “Metode Diskusi” melalui tahap persiapan pembelajaran yang meliputi : koreksi materi, melakukan apersepsi, dengan mencari buku/kitabkitab sebagai referensi dan penguat. 2. Penggunaan “Metode Diskusi” dalam pembelajaran nahwu di kelas IV Awaliyah MDNU cukup efektif sebab mampu memberi kemudahan pada santri dalam mengasah kemahiran memahami materi nahwu. 3. Faktor pendukung dalam pelaksanaan “Metode Diskusi” dalam pembelajaran nahwu diantaranya : metode diskusi memberi kemudahan pada santri dalam memahami materi nahwu, santri sangat senang menggunakan metode diskusi, ustadz pengampu sangat berkompeten di bidangnya. Adapun faktor penghambatnya antara lain : latar belakang pendidikan santri yang berbeda-beda, kurangnya alokasi waktu yang diberikan, dan terkadang ustadz datang terlambat bahkan berhalangan hadir. Adapun solusi untuk mengatasi problematika tersebut adalah 1. Dari pihak ustad : a) Ustad menjelaskan materi dengan menggunakan bahasa Indonesia supaya santri selain orang Jawa bisa memahaminya. b) Ustadz mencarikan badal apabila ustadz berhalangan hadir. 2. Dari MDNU yaitu kurikulum tahun ajaran 2015/2016 jadwalnya dirubah total. 3. Dari penulis: Hendaknya ustad membuat suasana kelas aktif, kreatif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, M.M.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Nahwu, Madrasah Diniyah Nurul Ummah Putra Kotagede
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Feb 2016 08:50
Last Modified: 10 Feb 2016 08:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19290

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum