PENDAMPINGAN EKONOMI PRODUKTIF SEBAGAI DAKWAH BIL-HAL DI LEMBAGA DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA (STUDI KASUS TERHADAP KELOMPOK EKONOMI PRODUKTIF DI DAERAH IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA)

MILDA LIADINI, NIM. 11250042 (2015) PENDAMPINGAN EKONOMI PRODUKTIF SEBAGAI DAKWAH BIL-HAL DI LEMBAGA DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA (STUDI KASUS TERHADAP KELOMPOK EKONOMI PRODUKTIF DI DAERAH IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDAMPINGAN EKONOMI PRODUKTIF SEBAGAI DAKWAH BIL-HAL DI LEMBAGA DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA (STUDI KASUS TERHADAP KELOMPOK EKONOMI PRODUKTIF DI DAERAH IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA))
11250042_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDAMPINGAN EKONOMI PRODUKTIF SEBAGAI DAKWAH BIL-HAL DI LEMBAGA DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA (STUDI KASUS TERHADAP KELOMPOK EKONOMI PRODUKTIF DI DAERAH IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA))
11250042_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (924kB)

Abstract

Dakwah adalah salah satu ajaran islam yang diwajibkan kepada seluruh kaum muslim yang ada di dunia. Dimana tujuannya secara umum adalah mengajak umat manusia (meliputi orang mukmin, kafir, maupun musyrik) kepada jalan yang benar yang diridhai Allah swt. agar dapat hidup bahagia dan sejahtera di dunia maupun di akhirat. Melihat problem kemiskinan yang melanda sebagian besar kaum muslimin, sebagian kecil diantaranya bahkan rela menggadaikan aqidah dengan berganti agama dikarenakan kemiskinan yang mereka alami. Maka memperbaiki keadaan ekonomi kaum muslimin dengan ini menjadi bagian dari dakwah. Dewasa ini dakwah dapat masuk melalui berbagai pintu, baik masuk melalui sosial, budaya, bahkan ekonomi. Dakwah inilah yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat yang mengumpulkan dana ZISWAF (Zakat, infak, shadaqah dan wakaf) untuk kesejahteraan kaum muslimin salah satunya melalui program Ekonomi Produktif di daerah Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Dakwah tersebut yang kemudian disebut sebagai dakwah pendampingan Dengan demikian maka pertanyaan yang diajukan adalah bagaimana kegiatan dakwah pendampingan di lembaga Dompet Dhuafa Yogyakarta pada kelompok ekonomi produktif di daerah Imogiri, Bantul, Yogyakarta dan bagaimana dampak dakwah pendampingan di lembaga Dompet Dhuafa Yogyakarta pada kelompok ekonomi produktif di daerah Imogiri, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari staf Dompet Dhuafa dan penerima manfaat Ekonomi Dompet Dhuafa di Imogiri dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan cara reduksi, display dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan dakwah pendampingan yang dilakukan oleh Dompet Dhuafa melalui Ekonomi Produktif terintegrasi ke dalam kegiatan Ekonomi Produktif itu sendiri. Kegiatan tersebut meliputi pengajian bulanan, pembagian buletin dan diskusi kelompok. Selain itu dakwah pendampingan juga memberikan dampak bagi para anggota Ekonomi Produktif berupa kemandirian dalam berekonomi dan kesadaran religius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Mokh. Nazili, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Dakwah Pendampingan, Ekonomi Produktif, anggota Ekonomi Produktif
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 10 Feb 2016 07:31
Last Modified: 10 Feb 2016 07:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19297

Actions (login required)

View Item View Item