KEBIJAKAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH SIAGA BENCANA (SSB) (STUDI KASUS DI SMP N 2 CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA)

SITI NURFITARINI, NIM. 11250059 (2015) KEBIJAKAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH SIAGA BENCANA (SSB) (STUDI KASUS DI SMP N 2 CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH SIAGA BENCANA (SSB) (STUDI KASUS DI SMP N 2 CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA))
11250059_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM SEKOLAH SIAGA BENCANA (SSB) (STUDI KASUS DI SMP N 2 CANGKRINGAN, SLEMAN, YOGYAKARTA))
11250059_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Program ini bertujuan untuk membangun budaya sekolah yang aman dari bencana. Namun, salah satu yang menjadi permaslahan yaitu belum di ketahuinya adalah bagaimanakah Kebijakan dan Pelaksanan Program Sekolah Siaga Bencana (SSB) Di SMP N 2 Cangkringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kebijakan dan Pelaksanaan Program Sekolah Siaga Bencana di SMP N 2 Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif dengan lokasi penelitian yaitu SMP N 2 Cangkringan dengan melibatkan Kepala Dinas Pendidikan, Guru dan Siswa sebagai informan utama dalam penelitian. Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Untuk triangulasi data dilakukan dengan cara membandingkan hasil pengamatan di SMP N Cangkringan dengan data hasil wawancara yang diberikan oleh informan. Sedangkan untuk teknik analisisnya dengan menggunakan metode diskipstif yaitu dengan cara mengumpulkan informasi yang di peroleh dari sumber utama mengenai pelaksanaan Program Sekolah Siaga Bencana dan dengan mengukur sejauh mana tingkat pengetahuan siswa menegani Program Sekolah Siaga Bencana. Hasil penelitian ini dapat disimpulakan bahwa Secara keseluruhan program Sekolah Siaga Bencana (SSB) di SMP N 2 Cangkringan dapat di katakan telah diimplementasikan yaitu dengan adanya Kebijakan dan Pelaksanaan Sekolah Siaga Bencana telah tertuang dalam Surat Keputusan Kepala Sekolah dan Standar Oprasional Pelaksanaan (SOP) Erupsi Merapi, sedangkan praktik pelaksanaan Program Sekolah Siaga Bencana telah terselengaranya sosialisasi SSB, pengintegrasian PRB ke dalam kegiatan ekstrakulikuler dan kedalam kurikulum mata pelajaran dan adanya Simulasi kebencanaan, Adapun manfaat dari pelaksanaan program terlihat dari dampak yang terjadi setelah terselengaranya Program SSB dan adanya Fakor-faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat terlaksananya Sekolah Siga Bencana di SMP N 2 Cangkringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Lathiful Khuluq,M.A.,BSW.,Ph.D
Uncontrolled Keywords: Kebijakan dan Pelaksanaan Program Sekolah Siaga Bencana SMP N 2 Cangkringan.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Feb 2016 03:17
Last Modified: 11 Feb 2016 03:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19300

Actions (login required)

View Item View Item