PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL (KECAKAPAN HIDUP) ANAK ASUH DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK DIY UNIT BUDHI BHAKTI WONOSARI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA

IMAM MUSLIM, NIM. 11250061 (2015) PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL (KECAKAPAN HIDUP) ANAK ASUH DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK DIY UNIT BUDHI BHAKTI WONOSARI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL (KECAKAPAN HIDUP) ANAK ASUH DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK DIY UNIT BUDHI BHAKTI WONOSARI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA)
11250061_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM MENINGKATKAN LIFE SKILL (KECAKAPAN HIDUP) ANAK ASUH DI PANTI SOSIAL ASUHAN ANAK DIY UNIT BUDHI BHAKTI WONOSARI GUNUNG KIDUL YOGYAKARTA)
11250061_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Peran pekelja sosial meupakan salah satu peran yang sangat dibutuhkan dalam meningkatkan life skill di Panti Sosial Asuhan Anak Unit Budhi Bhakti. Dalam peran yang dilakukan oleh pekelja sosial ini bertujuan agar anak-anak asuh mendapatkankan pelayan yang dibutuhkan untuk tumbuh kembah mereka baik secara biologis, psikologis, spiritual, dan sosialnya. Serta ketika sudah keluar dari panti asuhan anak-anak asuh memiliki bekal dasar untuk berkembang secara mandiri. Panti Sosial Asuhan Anak Budhi Bhakti mernpakan salah satu lembaga yang memberikan layanan Program life skill yang sesuai dan dibutuhkan oleh anak-anak asuh yang ada di panti. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptf kualitatif dengan mengabil lokasi di PSAA Unit "Budhi Bhakti" Y ogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik penentuan subyek dilakuk:an dengan membedakannya menjadi dua sum:ber yaitu sumber formal dan informal. Sumber formal dipilih secara purposive sampling yakni meliputi pekelja sosial, staf panti Asuhan, pramusosial, dan pengasuh. Sedangkan sumber informal meliputi anak asuh. Subyek dalam penelitian ini ialah pekerja sosial sedangkan obyeknya adalah tentang peran yang dilakukan oleh pekelja sosial. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, penyajian data yang sudah dikumpulkan, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan oleh pekerja sosial dalam meningkatkan life skill (kecakapan hidup) anak asuh di Panti Sosial Asuhan Anak DIY Unit Budhi Bhakti Wonossari Gunung Kidul Yogyakarta serta untuk mengetahui life skill apa saja yang ada di panti tersebut. Hasil penelitian ini yaitu peran-peran yang dilakukan oleh pekerja •sosia} dalam meningkatkan life skill anak asuh adalah berperan sebagai seorang pendidik (educator), penghubung (mediator), pemampu (enabler), perantara (broker), fasilitator ifasilitator). Life skill yang ada di PSAA Unit Budhi Bhakti terang:kum dalam jadwal kegiatan sehari-hari anak asuh, mulai dari kesadaran spitual, kesadaran akan potensi, kecakapan sosial, kecakapan komunikasi, dan kecakapan mengkolaborasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Arif Maftuhin, M.Ag, M.A.I.S
Uncontrolled Keywords: Peran Pekerja Sosial, Lifo Skill, dan Panti Sosial Asuhan Anak (PSAA) Yogyakarta Unit Budhi Bhakti Wonosari Gunung Kidul.
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Kesejahteraan Sosial (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Feb 2016 03:30
Last Modified: 11 Feb 2016 03:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19301

Actions (login required)

View Item View Item