KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG DI TAMAN NASIONAL LAIWANGI WANGGAMETI, SUMBA TIMUR, NUSA TENGGARA TIMUR

NURDIN SETIO BUDI, NIM. 08640008 (2015) KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG DI TAMAN NASIONAL LAIWANGI WANGGAMETI, SUMBA TIMUR, NUSA TENGGARA TIMUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG DI TAMAN NASIONAL LAIWANGI WANGGAMETI, SUMBA TIMUR, NUSA TENGGARA TIMUR)
08640008_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (KELIMPAHAN DAN KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG DI TAMAN NASIONAL LAIWANGI WANGGAMETI, SUMBA TIMUR, NUSA TENGGARA TIMUR)
08640008_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelimpahan sederhana dan keanekaragaman jenis burung yang terdapat di resort Praingkareha dan resort Wanggameti, Taman Nasional Laiwangi Wanggameti (TNLW), Sumba Timur, NTT. Penelitian dilakukan pada tanggal 21 Oktober s/d 15 November 2014. Pemilihan jalur pengambilan data menggunakan metode acak transek sedangkan pengambilan data jenis burung dengan tingkat pertemuan (encounterates). Pencatatan dilakukan pada pagi hari (pukul 06:00 – 10:00 WIT) dan sore hari (pukul 13:00 – 17:00 WIT). Hasil penelitian telah mencatat sebanyak 95 jenis burung yang dapat dikelompokkan kedalam 41 famili. Hasil analisis kelimpahan sederhana membagi jenis burung kedalam 6 kategori skala urutan kelimpahan. Jenis burung dengan kategori urutan melimpah adalah perkici pelangi (Trichoglossus capistratus) dan walet sapi (Collocalia esculenta). Kategori umum sebanyak 12 jenis burung, kategori sering sebanyak 10 jenis burung, kategori tidak umum sebanyak 27 jenis burung, kategori jarang sebanyak 15 jenis burung dan 29 jenis burung lainnya termasuk dalam kategori sangat jarang. Hasil pengelompokan jenis burung berdasarkan tipe habitat yang digunakan, diketahui pada habitat hutan primer mencatat sebanyak 78 jenis burung dengan nilai indeks keanekaragaman jenis burung sebesar 3.67 dan indeks kemerataan jenis burung sebesar 0,84. Habitat hutan tanaman mencatat sebanyak 39 jenis burung dengan nilai indeks keanekaragaman jenis burung sebesar 3,25 dan indeks kemerataan jenis burung sebesar 0,89. Habitat semak belukar mencatat sebanyak 51 jenis burung dengan nilai indeks keanekaragaman jenis burung sebesar 3,42 dan indeks kemerataan jenis burung sebesar 0,87. Habitat padang rumput mencatat sebanyak 27 jenis burung dengan nilai indeks keanekaragaman jenis burung sebesar 3.67 dan indeks kemerataan jenis burung sebesar 0,88.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M. Ja’far Luthfi, Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: kelimpahan, keanekaragaman, jenis burung, Taman Nasional Laiwangi Wanggameti
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 11 Feb 2016 14:03
Last Modified: 11 Feb 2016 14:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19303

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum