POLA PEMUKIMAN TRADISIONAL MASYARAKAT MADURA (STUDI TERHADAP PERUBAHAN MASYARAKAT TANEAN LANJANG DI DESA CANDI, KECAMATAN DUNGKEK, KABUPATEN SUMENEP)

ABD AZIZ, NIM. 07720041 (2015) POLA PEMUKIMAN TRADISIONAL MASYARAKAT MADURA (STUDI TERHADAP PERUBAHAN MASYARAKAT TANEAN LANJANG DI DESA CANDI, KECAMATAN DUNGKEK, KABUPATEN SUMENEP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA PEMUKIMAN TRADISIONAL MASYARAKAT MADURA (STUDI TERHADAP PERUBAHAN MASYARAKAT TANEAN LANJANG DI DESA CANDI, KECAMATAN DUNGKEK, KABUPATEN SUMENEP))
07720041_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (POLA PEMUKIMAN TRADISIONAL MASYARAKAT MADURA (STUDI TERHADAP PERUBAHAN MASYARAKAT TANEAN LANJANG DI DESA CANDI, KECAMATAN DUNGKEK, KABUPATEN SUMENEP))
07720041_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pola pemukiman suatu masyarakat sangat mencerminkan corak berfikir dan nilai yang dipegang serta diyakini. Demikian juga yang terjadi pada pola pemukiman tanean lanjang yang terjadi di masyarakat Sumenep Madura, Desa Candi pada khususnya. Pola pemukiman tanean lanjang pada mulanya instrumen untuk menjaga jalinan hubungan kekeluargaan, kekerabatan, persaudaraan hingga pertemanan. Namun belakangan pola tanean lanjang mulai banyak ditinggalkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap bagaimana perubahan itu terjadi? Bagaimana masyarakat mempersepsikan dan mengkontruksi perubahan terserbut? Dalam melakukan analisis atas fakta perubahan tersebut penulis mengunakan teori kontuksi sosial Peter L. Berger. Berger memahami masyarakat sebagai agen yang aktif dan dialektis dalam menciptakan perubahan. Perubahan adalah proses yang terjadi secara terus menerus karena adanya agen aktif dan kreatif yang terus bersinggungan dengan realitas yang dihadapinya. Penelitian ini dilakukan dengan mengunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan studi literatur atau kepustakaan. Sedangkan teknik selanjutnya adalah interview langsung dengan melipatkan empat nara sumber kunci yang memiliki latar belakang berbeda-beda. Data hasil interview disajikan dengan beberapa teknik reduksi untuk menemukan relevansi dengan tujuan penelitian yang hendak ditemukan. Perubahan yang terjadi dalam pola pemukiman tanean lanjang di masyarakat Desa Candi Kecamatan Dungkek Sumenep sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor mendasar, mulai dari faktor ekonomi, nilai baru, pemahaman baru, struktur pendidikan. Faktor-faktor itu kemudian pada tahap selanjutnya membentuk struktur masyarakat yang terbuka. Masyarakat yang dengan kreatif, dialektis. Kenyataan dan pengatuan terus berkembang membentuk kesadaran penerimaan dan pembentukan atas perubahan pada pola pemukiman tanean lanjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Musa, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Tanean Lanjang, Kontruksi Sosial, Masyarakat Terbuka
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 Feb 2016 04:01
Last Modified: 12 Feb 2016 04:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19324

Actions (login required)

View Item View Item