PERUBAHAN PERILAKU KONSUMTIF BURUH PABRIK PT. ADI SATRIA ABADI (STUDI TENTANG DAMPAK PERALIHAN PROFESI MASYARAKAT DUSUN BANYAKAN II, DESA SITIMULYO, KEC. PIYUNGAN, KAB. BANTUL, PROV. D.I YOGYAKARTA)

DWI ANDANA MARSELIA, NIM. 11720016 (2015) PERUBAHAN PERILAKU KONSUMTIF BURUH PABRIK PT. ADI SATRIA ABADI (STUDI TENTANG DAMPAK PERALIHAN PROFESI MASYARAKAT DUSUN BANYAKAN II, DESA SITIMULYO, KEC. PIYUNGAN, KAB. BANTUL, PROV. D.I YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERUBAHAN PERILAKU KONSUMTIF BURUH PABRIK PT. ADI SATRIA ABADI (STUDI TENTANG DAMPAK PERALIHAN PROFESI MASYARAKAT DUSUN BANYAKAN II, DESA SITIMULYO, KEC. PIYUNGAN, KAB. BANTUL, PROV. D.I YOGYAKARTA))
11720016_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERUBAHAN PERILAKU KONSUMTIF BURUH PABRIK PT. ADI SATRIA ABADI (STUDI TENTANG DAMPAK PERALIHAN PROFESI MASYARAKAT DUSUN BANYAKAN II, DESA SITIMULYO, KEC. PIYUNGAN, KAB. BANTUL, PROV. D.I YOGYAKARTA))
11720016_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Masuknya pabrik di bidang barang/jasa yakni PT. Adi Satria Abadi di wilayah Dusun Banyakan II tidak hanya memberikan dampak pada perubahan mata pencaharian masyarakat sekitar, gaya hidup mereka pun juga mengalami perubahan yang ditunjukkan pada perilaku konsumtif dalam memenuhi kebutuhan individu maupun keluarga yang diperoleh dari hasil kerja mereka sebagai buruh pabrik. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perubahan perilaku konsumtif masyarakat Dusun Banyakan II setelah bekerja di PT. ASA. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori masyarakat konsumsi yang di gagas Jean Baudrillard. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif-deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perubahan perilaku konsumtif masyarakat Dusun Banyakan II yang beralih profesi sebagai buruh pabrik mengalami perubahan cukup signifikan yang diukur melalui tiga indikator yakni pola konsumsi keluarga, kepemilikan barang, dan perilaku berbelanja. Dampak positif yang dirasakan adalah dapat meningkatkan taraf hidup keluarga, membeli jenis barang tertentu merupakan bentuk dari menikmati hasil dari pekerjaan. Sedangkan dampak negatifnya, pemborosan, menimbulkan sifat riya’ (pamer), menimbulkan presepsi yang kurang baik dari lingkungan tempat tinggal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dadi Nurhaedi, S.Ag., M.Si
Uncontrolled Keywords: perilaku buruh, perubahan, gaya hidup
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 15 Feb 2016 08:53
Last Modified: 15 Feb 2016 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19334

Actions (login required)

View Item View Item