INSTITUT MENTAS UNGGUL FILANTROPI KREATIF PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI ZAKAT PRODUKTIF DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA

NAVIS NUR ANISA, NIM. 11720032 (2015) INSTITUT MENTAS UNGGUL FILANTROPI KREATIF PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI ZAKAT PRODUKTIF DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (INSTITUT MENTAS UNGGUL FILANTROPI KREATIF PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI ZAKAT PRODUKTIF DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA)
11720032_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (INSTITUT MENTAS UNGGUL FILANTROPI KREATIF PROGRAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI ZAKAT PRODUKTIF DOMPET DHUAFA YOGYAKARTA)
11720032_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pengangguran dan kemiskinan adalah permasalahan sosial yang memerlukan penyelesaian segera. Perlu adanya peran organisasi diluar pemerintah karena pemerintah saja tidak cukup mampu menyelesaikan permasalahan ini. Dompet Dhuafa Republika Yogyakarta sebagai lembaga filantropi mencoba berperan mengatasi permasalahan sosial tersebut melalui kegiatan karitas menggunakan dana zakat. Perkembangan Dompet Dhuafa sebagai lembaga filantropi turut mengubah kebijakan program. Zakat tidak hanya digunakan sebagai dana kegiatan karitas namun juga diwujudkan dalam pembiayaan program pemberdayaan Institut Mentas Unggul. IMU adalah program pelatihan keterampilan Dompet Dhuafa yang berupaya memberdayakan kelompok rentan miskin. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui latar belakang Dompet Dhuafa Yogyakarta menyusun program Institut Mentas Unggul dan mengetahui perkembangan program Institut Mentas Unggul Dompet Dhuafa Yogyakarta. Penelitian yang dilakukan di Dompet Dhuafa Yogyakarta ini dianalisis menggunakan teori aktivitas filantropi yang digagas oleh Helmut K. Anheier dan Diana Leat serta paradigma pemberdayaan Edi Suharto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan beberapa proses pengumpulan data yakni observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dengan informan pegawai Dompet Dhuafa Yogyakarta. Sumber data sekunder diperoleh melalui wawancara dengan para penerima manfaat yakni ibu-ibu di Dusun Tegalrejo Godean. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang Dompet Dhuafa menyusun program IMU karena Dompet Dhuafa melihat bahwa kegiatan karitas tidak cukup mampu menyelesaikan persoalan sosial masyarakat. Dompet Dhuafa mengembangkan potensi zakat menjadi zakat produktif melalui penyusunan program pemberdayaan masyarakat rentan miskin dengan melakukan pelatihan keterampilan dan pemberian hibah aset usaha serta modal. Pada perjalananya IMU mengalami perubahan konsep program yang pada akhirnya menunjukan bahwa IMU adalah representasi dari filantropi kreatif Dompet Dhuafa Yogyakata meskipun dari sisi pemberdayaan IMU belum bekerja secara maksimal karena belum mampu mewujudkan tujuan dari sebuah program pemberdayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Yayan Suryana, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Institut Mentas Unggul (IMU), Pemberdayaan, Zakat Produktif, Filantropi Kreatif.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User / Editor: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Feb 2016 02:30
Last Modified: 16 Feb 2016 02:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19345

Actions (login required)

View Item View Item