PERAN DAN UPAYA FORUM KOMUNIKASI DAERAH ALIRAN SUNGAI (FORSIDAS) DALAM MENJAGA LINGKUNGAN DAERAH ALIRAN SUNGAI GAJAH WONG YOGYAKARTA

RADEN AJENG FAUZIAH KURNIAWATI, NIM. 11720051 (2015) PERAN DAN UPAYA FORUM KOMUNIKASI DAERAH ALIRAN SUNGAI (FORSIDAS) DALAM MENJAGA LINGKUNGAN DAERAH ALIRAN SUNGAI GAJAH WONG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN DAN UPAYA FORUM KOMUNIKASI DAERAH ALIRAN SUNGAI (FORSIDAS) DALAM MENJAGA LINGKUNGAN DAERAH ALIRAN SUNGAI GAJAH WONG YOGYAKARTA)
11720051_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERAN DAN UPAYA FORUM KOMUNIKASI DAERAH ALIRAN SUNGAI (FORSIDAS) DALAM MENJAGA LINGKUNGAN DAERAH ALIRAN SUNGAI GAJAH WONG YOGYAKARTA)
11720051_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Industrialisasi di kota Yogyakarta adalah wujud dari pembangunan ekonomi. Namun, dalam aspek lingkungan, kegiatan indutrialisasi berdampak pada turunnya kualitas air sungai. Selain itu, UKM dan limbah rumah tangga juga menjadi penyebab turunnya kualitas DAS Gajah Wong. Permasalahan pencemaran lingkungan tersebut menggerakkan perhatian pemerhati lingkungan dan pemerintah senhingga terbentuklah FORSIDAS sebagai forum kumunikasi yang berupaya menjaga lingkungan sungai Gajah Wong. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan upaya FORSIDAS dalam menjaga lingkungan DAS Gajah Wong. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah struktural fungsional dari pemikiran Talcott Parsons dengan skema AGIL (adaptation, goal attainment, integration, latency). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun metode yang digunakan adalah deskriptis analitis yaitu dengan menganalisis data dengan memaparkan dan menafsirkan data atau informasi-informasi dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa FORSIDAS berperan dalam menjaga lingkungan DAS Gajah Wong dengan empat tahapan: adaptasi, FORSIDAS merangkul masyarakat melalui penyesuaian permasalahan yang terjadi dan dalam pemecahan permasalahan; pencapaian tujuan, FORSIDAS mengupayakan pelestarian lingkungan dan penjagaan lingkungan DAS Gajah Wong; integrasi, FORSIDAS menjaga komunikasi dengan masyarakat dan pemerintah sehingga dapat membangun relasi dan bekerjasama; latensi, FORSIDAS mengutamakan kebaikan bersama dengan menyusun solusi yang menguntungkan banyak pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Achmad Zainal Arifin, Ph.D
Uncontrolled Keywords: peran, upaya, FORSIDAS, adaptasi, pencapaian tujuan,integrasi,latensi.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 16 Feb 2016 11:27
Last Modified: 16 Feb 2016 11:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19350

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum