KONSTRUKSI MEDIA CETAK TERHADAP RADIKALISME (ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP PEMBERITAAN PELARANGAN GURU AGAMA ASING DI INDONESIA DALAM SKH REPUBLIKA EDISI JANUARI 2015)

LULUS NOVITA, NIM. 11210130 (2016) KONSTRUKSI MEDIA CETAK TERHADAP RADIKALISME (ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP PEMBERITAAN PELARANGAN GURU AGAMA ASING DI INDONESIA DALAM SKH REPUBLIKA EDISI JANUARI 2015). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI MEDIA CETAK TERHADAP RADIKALISME (ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP PEMBERITAAN PELARANGAN GURU AGAMA ASING DI INDONESIA DALAM SKH REPUBLIKA EDISI JANUARI 2015))
11210130_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI MEDIA CETAK TERHADAP RADIKALISME (ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP PEMBERITAAN PELARANGAN GURU AGAMA ASING DI INDONESIA DALAM SKH REPUBLIKA EDISI JANUARI 2015))
11210130_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Lulus Novita 11210130. Konstruksi Media Cetak Terhadap Radikalisme (Analisis Wacana Kritis Terhadap Pemberitaan Pelarangan Guru Agama Asing Di Indonesia dalam SKH Republika Edisi Januari 2015). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga, 2015. Berawal dari sejak Menteri Ketenaga kerjaan, Muhammad Hanif Dhakiri memberikan keputusan terkait larangan guru agama asing untuk tidak mengajar di Indonesia menuai beragam polemik. Pemerintah khawatir adanya radikalisme yang marak di semua agama di Indonesia. Dari kekhawatiran itulah media cetak seperti SKH Republika dalam mengkonstruksikan wacana radikalisme pada pemberitaan larangan guru agama asing, sebagaimana menyampaikan pesan terkait radikalisme Islam kepada pembaca terutama umat muslim. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, melihat SKH Republika mengkonstruksikan wacana radikalisme pada pelarangan guru agama asing, peneliti menggunakan analisis wacana model Norman Fairlough, untuk menganalisis berita media cetak dengan memakai analisis wacana kritis (Cricitical Discourse Analysis/CDA). Pada level analisis data model Norman Fairclough dibagi menjadi tiga elemen yaitu text, Discourse practice news room, dan sociocultural practice. analisis wacana kritis Norman Fairclough pada elemen tersebut mengungkapkan wacana yang dibentuk oleh SKH Republika. Hasil dari penelitian ini adalah Dari hasil analisis wacana pada kasus pelarangan guru agama asing pada SKH Republika wacana yang ingin dibentuk adalah sebagaimana dan sejauh mana media membentuk persepsi masyarakat atau pembaca dalam memunculkan opini publik, terutama dalam hal menyikapi, mengerti, memahami, dan sebagai pembelajaran tentang makna radikalisme dalam hal lebih ke kewaspadaan di setiap agama, terutama agama Islam di Indonesia. Radikalisme yang dimaksudkan di sini merupakan paham atau aliran yang menuju kepada gerakan-gerakan kekerasan yang mempunyai tujuan dan politik tertentu dengan mengatasnamakan agama. Selain itu konstruksi wacana radikalisme dalam teks, Discourse practice news room, dan sociocultural practice dari segi wartawan yang menulis berita serta redaktur membuat jelas bahwa peran media dalam pemberitaannya menunjukkan bagaimana ideologi dianut oleh sebuah media.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nanang Mizwar H, S.Sos.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Konstruksi, Radikalisme, Analisis Wacana Kritis, SKH Republika
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Feb 2016 08:46
Last Modified: 17 Feb 2016 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19376

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum