KEGIATAN JIMPITAN RONDA SEBAGAI MODAL SOSIAL UNTUK PEMBANGUNAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT: STUDI DI RW04 KELURAHAN PATEHAN KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA

ZAMRON QOMARULLAH HANAFI, NIM. 10230041 (2016) KEGIATAN JIMPITAN RONDA SEBAGAI MODAL SOSIAL UNTUK PEMBANGUNAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT: STUDI DI RW04 KELURAHAN PATEHAN KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEGIATAN JIMPITAN RONDA SEBAGAI MODAL SOSIAL UNTUK PEMBANGUNAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT: STUDI DI RW04 KELURAHAN PATEHAN KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA)
10230041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KEGIATAN JIMPITAN RONDA SEBAGAI MODAL SOSIAL UNTUK PEMBANGUNAN DAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT: STUDI DI RW04 KELURAHAN PATEHAN KECAMATAN KRATON YOGYAKARTA)
10230041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (990kB)

Abstract

Zamron Qomarullah Hanafi, Tahun 2015 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, judul skripsi “Kegiatan Jimpitan Ronda sebagai Modal Sosial untuk Pembangunan dan Kesejahteraan Masyarakat: Studi Kasus RW 04 Kelurahan Patehan Kecamatan Kraton Yogyakarta” Fokus penelitian ini adalah bagaimana kegiatan jimpitan sebagai modal sosisal bagi masyarakat RW 04 Patehan Kraton Yogyakarta serta bagaimana hasil yang telah dicapai warga setelah adanya kegiatan jimpitan ronda untuk pembangunan dan kesejahteraan warga. Penelitian kegiatan jimpitan sebagai modal sosial ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Deskriptif kualitatif adalah metode dalam pendekatan suatu penelitian dengan menggambarkan dan melukiskan keadaan obyek dan subyek peneliti berdasarkan fakta yang sebagaimana adanya. Adapun subjek penelitian ini adalah ketua RW, ketua Paguyuban Setu Pahing, Sekretaris Paguyuban Setu Pahing (STING), serta masyarakat RW 04 Patehan Kraton Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah pokok pembahasan dari penelitian ini. Sedangkan cara memperoleh informan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan tehnik purposive sampling dan metode dalam pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah jimpitan ronda RW 04 Patehan Kraton Yogyakarta dijadikan sebagai modal sosial bagi warga. Dengan adanya kegiatan jimpitan ronda ini warga saling bertemu dan berkomunikasi sehingga akan terciptanya guyup, gotong royong, solidaritas, kerukunan antar warga., dimana itu semua dijadikan modal sosial sehingga dapat meminimalisir gesekan antar warga. Dengan terciptanya modal sosial tersebut maka dimanfaatkan dalam pengembangan masyarakat dengan menciptakan beberapa kegiatan pendukung seperti simpan pinjam dan sampah mandiri. Hasil uang jimpitan yang telah terkumpul juga digunakan oleh warga RW 04 Patehan untuk santunan bagi warga yang sakit, santunan warga meninggal, simpan pinjam warga, piknik atau outbond yang dilaksanakan satu kali dalam satu tahun, reward bagi warga yang aktif dan berpengaruh, pemeliharaan sarana dan prasarana RW .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Afif Rifai,M.S.
Uncontrolled Keywords: Jimpitan Ronda, Modal Sosial, Pembangunan dan Kesejahteraan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Feb 2016 01:59
Last Modified: 17 Feb 2016 01:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19380

Actions (login required)

View Item View Item