DAYA PREDASI IKAN CUPANG (BETTA SPLENDENS) YANG BERBEDA VARIETASNYA SEBAGAI PENGENDALI HAYATI JENTIK NYAMUK

WAHYU PRASETYA ANGGARA, NIM. 10640012 (2015) DAYA PREDASI IKAN CUPANG (BETTA SPLENDENS) YANG BERBEDA VARIETASNYA SEBAGAI PENGENDALI HAYATI JENTIK NYAMUK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAYA PREDASI IKAN CUPANG (BETTA SPLENDENS) YANG BERBEDA VARIETASNYA SEBAGAI PENGENDALI HAYATI JENTIK NYAMUK)
10640012_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DAYA PREDASI IKAN CUPANG (BETTA SPLENDENS) YANG BERBEDA VARIETASNYA SEBAGAI PENGENDALI HAYATI JENTIK NYAMUK)
10640012_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (830kB)

Abstract

Penyakit yang ditularkan oleh nyamuk masih merupakan masalah dalam kesehatan masyarakat di Indonesia, seperti penyakit DBD dan malaria. Sampai saat ini, pemberantasan penyakit DBD dan malaria hanya dilakukan dengan pengendalian vektornya, yaitu nyamuk. Pengendaliannyapun masih dititik beratkan pada penggunaan insektisida kimia. Ikan cupang (Betta splendens) merupakan predator alami yang efektif untuk pengendalian larva nyamuk. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2014, berlokasi di Laboratorium Terpadu UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Tujuan penelitian untuk mengetahui respon tingkat keefektifan ikan cupang (Betta splendens) varietas Halfmoon, Serit, Plakat dan Giant sebagai insektisida alami jentik nyamuk. Metode pengambilan data dilakukan pengamatan secara langsung yang meliputi respon dan keefektifan ikan cupang (Betta splendens) varietas Halfmoon, Serit, Plakat dan Giant sebagai insektisida alami jentik nyamuk. Masing-masing varietas diamati perjam selama 24 jam dengan menggunakan bantuan kamera video dan kemudian dianalisa dengan uji statistik deskriptif dan grafik. Parameter yang diukur meliputi pH air, oksigen terlarut dan suhu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keefektifan ikan cupang (Betta splendens) varietas Halfmoon (kontrol), Serit, Plakat dan Giant sebagai pengendali hayati jentik nyamuk berbeda. Betta splendens var. Plakat memiliki tingkat keefektifan yang paling cepat (6 jam), sedangkan Betta splendens var. Serit memiliki tingkat keefektifan yang paling lambat (17 jam). Varietas ikan cupang yang paling efektif sebagai predasi jentik nyamuk yakni varietas plakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Najda Rifqiyati, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Daya predasi, Ikan cupang, Jentik nyamuk, Pengendali hayati.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 17 Feb 2016 09:03
Last Modified: 17 Feb 2016 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19381

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum