PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATAKAN KUALITAS KESEHATAN OLEH PROGRAM PAMSIMAS ( PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT) DI DESA TIBAYAN KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN

DINI DYAH PURNOMO WIDYA PANGESTI, NIM. 10230060 (2016) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATAKAN KUALITAS KESEHATAN OLEH PROGRAM PAMSIMAS ( PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT) DI DESA TIBAYAN KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATAKAN KUALITAS KESEHATAN OLEH PROGRAM PAMSIMAS ( PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT) DI DESA TIBAYAN KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN)
10230060_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATAKAN KUALITAS KESEHATAN OLEH PROGRAM PAMSIMAS ( PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT) DI DESA TIBAYAN KECAMATAN JATINOM KABUPATEN KLATEN)
10230060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan langkah untuk mengajak masyarakat untuk berperan aktif untuk mengubah dari ketidakmampuan mereka dalam memecahkan persoalan dikehidupan mereka kemudian dapat secara mandiri dan aktif untuk mengambil langkah dalam memperbaiki kehidupannya agar lebih baik. Peningkatan kualitas kesehatan merupakan langkah yang dilakukan utntuk menaikkan derajat kesehatan jiwa dan raga agar menjadi lebih sehat dan jauh dari penyakit. Peningkatan kualitas kesehatan masyarakat oleh PAMSIMAS di Desa Tibayan Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten memiliki dasar berbasis pada masyarakat dari berbagai lapisan dan golongan di desa tersebut untuk sama-sama mandiri dan berdaya untuk meningkatkan kualitas kesehatan mereka agar menjadi lebih baik. PAMSIMAS atau Pengadaan Air Bersih dan Sanitasi Berbasis pada Masyarakat memiliki konsep dan implementasi untuk memberdayakan masyarakat secara aktif dan mandiri untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat tersebut. Dengan penelitian akan dapat mengetahui bagaimana konsep yang dibuat oleh Pamsimas untuk memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan yaitu; 1. Meningkatkan praktik hidup bersih dan sehat di masyarakat 2. Meningkatkan jumlah masyarakat yang memiliki akses air minum dan sanitasi yang berkelanjutan 3. Meningkatkan kapasitas masyarakat dan kelembagaan lokal (pemerintah daerah maupun masyarakat) dalampenyelenggaraan layanan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat 4. Meningkatkan efektifitas dan kesinambungan jangka panjang pembangunan sarana dan prasarana air minum dan sanitasi berbasis masyarakat. Selain itu dalam penelitian ini akan dapat mengetahui bagaimana implementasi yang dilakukan oleh Pamsimas, yait dengan adanya pemberdayaan lembaga lokal dimasyarakat, pendampingan, dan memfasilitator di tiap unitnya dan programnya. Pamsimas dalam memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan, sebenarnya diawali dengan pengadaan sumber air bersih yang merupakan permasalahan utama desa Tibayan. Namun sebelumnya masyarakat diajak untuk mandiri dalam mengelola program-program yang akan dijalankan terlebih dahulu. Hal tersebut merupakan hasil dari pemberdayaan sumber daya manusia oleh program Pamsimas. Peningkatan kualitas kesehatan yang dlakukan Pamsimas pada awal dan akhir berjalannya program telah menyadarkan masyarakat untuk melakukan perubahan perilaku hidup bersih dan sehat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Azis Muslim, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyrarakat, Menigkatkan Kualitas Kesehatan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Feb 2016 02:01
Last Modified: 17 Feb 2016 02:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19383

Actions (login required)

View Item View Item