PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT OLEH KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN MINA SOKA MAKMUR DI DUSUN KADISOKA, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN

LINDA RACHMAWATI, NIM. 11230011 (2016) PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT OLEH KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN MINA SOKA MAKMUR DI DUSUN KADISOKA, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT OLEH KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN MINA SOKA MAKMUR DI DUSUN KADISOKA, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN)
11230011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN EKONOMI MASYARAKAT OLEH KELOMPOK PEMBUDIDAYA IKAN MINA SOKA MAKMUR DI DUSUN KADISOKA, PURWOMARTANI, KALASAN, SLEMAN)
11230011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Linda Rachmawati, 11230011. UIN Sunan Kalijaga, Judul Skripsi “Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Oleh Kelompok Pembudidaya Ikan Mina Soka Makmur di Dusun Kadisoka, Purwomartani, Kalasan, Sleman”. Budidaya ikan dalam penelitian ini merupakan suatu bentuk usaha dengan memanfaatkan sumber daya yang guna untuk memberdayakan dan meningkatkan ekonomi. KPI Mina Soka Makmur merupakan kelompok yang dibentuk masyarakat Dusun Kadisoka sebagai wadah dalam mengembangkan usaha budidaya ikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pemberdayaan ekonomi masyarakat oleh Kelompok Pembudidaya Ikan serta mendeskripsikan tentang dampak pemberdayaan terhadap perekonomian masyarakat melalui Kelompok Pembudidaya Ikan (KPI) Mina Soka Makmur di Dusun Kadisoka, Purwomartani, Kalasan, Sleman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya melakukan validitas data menggunakan triangulasi sumber serta melakukan analisis. Hasil dari penelitian ini menjabarkan bahwa strategi yang dilakukan dengan cara pertama, meningkatkan solidaritas kelompok sehingga dapat memanfaatkan persawahan yang tidak berproduktif untuk dijadikan kolam. Kedua, memperkuat potensi pembudidaya ikan untuk berwirausaha. Ketiga, mengembangkan ekonomi para anggota tanpa adanya persaingan karena memiliki strategi sendiri. Keempat, mengadakan pelatihan berupa pembibitan, produksi, SDM, dan pemasaran. Kelima, pendampingan, pendampingan dari pemerintah daerah di KPI Mina Soka Makmur dalam bentuk pemantauan perkembangan usaha. Keenam, permodalan. Permodalan yang terbagi menjadi dua yakni modal dari dalam yang berupa individu, dan kelompok. serta modal luar berupa hibah dan pinjaman luar melalui kerjasama. Ketujuh, jaringan bisnis dengan PT.Aquafarm. Selain itu adapun dampak yang dirasakan bersifat positif dan negatif. Dampak positifnya yaitu, pertama, pemanfaatan lahan yang kurang produktif. Kedua, menambah penghasilan ekonomi masyarakat serta mengurangi pengangguran di Kadisoka. Ketiga, pakan pelet mendatangkan keong untuk dimanfaatkan oleh masyarakat, mempererat tali persaudaraan antar keluarga anggota, membantu dalam pembangunan masjid, Keempat, adanya partisipasi dalam kegiatan kepemudaan di kadisoka serta adanya pemberian gizi baik untuk anak. Selain itu dampak negatifnya, pertama, konflik perebutan air. Kedua, pencemaran udara. Ketiga, berkurangnya lahan pertanian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suyanto, S.Sos, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi, Kelompok Pembudidaya Ikan Dusun Kadisoka.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Feb 2016 02:04
Last Modified: 17 Feb 2016 02:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19385

Actions (login required)

View Item View Item