PENGRAJIN BATIK PAGUYUBAN PUTRI KAWUNG: STUDI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA JARUM, BAYAT, KLATEN

MOH ULIL ALBAB, NIM. 11230025 (2016) PENGRAJIN BATIK PAGUYUBAN PUTRI KAWUNG: STUDI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA JARUM, BAYAT, KLATEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGRAJIN BATIK PAGUYUBAN PUTRI KAWUNG: STUDI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA JARUM, BAYAT, KLATEN)
11230025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGRAJIN BATIK PAGUYUBAN PUTRI KAWUNG: STUDI PENINGKATAN KESEJAHTERAAN KELUARGA DI DESA JARUM, BAYAT, KLATEN)
11230025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pengrajin Batik Paguyuban Putri Kawung: Studi Peningkatan Kesejahteraan Keluarga di Desa Jarum Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten”. Fokus penelitian ini adalah bagaimana upaya pengrajin batik di Paguyuban Putri Kawung Desa Jarum Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui usaha kerajinan batik dan bagaimana hasil dari upaya pengrajin batik di Paguyuban Putri Kawung Desa Jarum Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui kerajinan batik. Penelitian ini didasari dengan dua teori yaitu teori upaya pemberdayaan dan indikator keberhasilan pemberdayaan. Teori upaya pemberdayaan tersebut merujuk pada upaya-upaya yang dilakukan Paguyuban Putri Kawung dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga. Sedangkan teori indikator keberhasilan merujuk pada meningkatnya kesejahteraan anggota Paguyuban Putri Kawung dalam usaha kerajinan batik. Metode yang digunakan penulis adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan sasaran penelitian secara apa adanya, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara bebas dan terpimpin, observasi nonpartisipan dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dari 10 Agustus sampai 12 Desember 2015. Hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa (1) upaya peningkatan kesejahteraan keluarga melalui kerajinan batik yakni meliputi upaya permodalan: swadaya anggota, bantuan kepala desa, bantuan dosen UPN dan hasil pelatihan membatik. Upaya keterampilan: dari orang tua, teman dan pelatihan dari dosen UPN. Upaya ruang produksi: ruang produksi pusat dan produksi kecil. Upaya alat produksi: alat menggambar, alat menyanting dan tungku. Upaya pemasaran: pameran, katalog, show room batik dan penjualan.(2) hasil upaya kesejahteraan keluarga yaitu meliputi meningkatnya penghasilan anggota, memiliki keterampilan, membuka lapangan pekerjaan dan mengasah keterampilan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs.H. Afif Rifai M.S
Uncontrolled Keywords: upaya pemberdayaan, indikator keberhasilan
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Feb 2016 09:05
Last Modified: 17 Feb 2016 09:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19386

Actions (login required)

View Item View Item