PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN PERANAN WANITA KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (P2W-KSS) STUDI DI DUSUN PANDES, KELURAHAN PANGGUNGHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL.

USWATUN KHASANAH, NIM. 11230061 (2016) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN PERANAN WANITA KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (P2W-KSS) STUDI DI DUSUN PANDES, KELURAHAN PANGGUNGHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN PERANAN WANITA KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (P2W-KSS) STUDI DI DUSUN PANDES, KELURAHAN PANGGUNGHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL.)
11230061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PENINGKATAN PERANAN WANITA KELUARGA SEHAT SEJAHTERA (P2W-KSS) STUDI DI DUSUN PANDES, KELURAHAN PANGGUNGHARJO, KECAMATAN SEWON, KABUPATEN BANTUL.)
11230061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (976kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Pemberdayaan Masyarakat Melalui Peningkatan Wanita Keluarga Sehat Sejahtera (P2W-KSS). Penelitian ini mengkaji pada Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bantul, Yogyakarta mengenai Pemberdayaan yang dilaksanakan untuk masyarakat. Pelaksanaan tersebut digunakan untuk melihat proses dan hasil terlaksananya dari hasil penelitian di lapangan. Masalah utama di perkotaan maupun di pedesaan adalah adanya pengangguran dan kemiskinan di dalamnya. Untuk menangani pengangguran di Kabupaten Bantul, pemerintah mengeluarkan kebijakan mengenai penanganan kemiskinan di Kabupaten Bantul. Kebijakan tersebut dipegang dan dipimpin oleh Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa, kemudian dilaksanakan oleh pengurus wilayah Desa. Namun belum dilaksanakan dengan maksimal, sehingga perlu adanya penelitian agar diketahui kendala yang dihadapi. Berdasarkan hal itu maka saya tertarik untuk meneliti bagaimana proses Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa dalam menangani pengangguran serta bagaimana hasil dari adanya upaya yang dilakukan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Daerah Kabupaten Bantul bagi pengangguran dan warga kurang mampu. Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut, peneliti menggunakan teknik purposive yang diguanakan untuk menentukan seseorang menjadi informan atau tidak didasarkan pada tujuan tertentu. Untuk menentukan informan yang diwawancarai penulis membuat kriteria sehingga muncul beberapa narasumber yang menurut peneliti sesuai dengan kriteria. Kriteria yang digunakan peneliti adalah narasumber yang ikut P2W-KSS, pengurus dan warga dusun tersebut. Penelitian ini dilakukan di Dusun Pandes, Panggungharjo, Sewon, Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan purposive yang dilakukan dengan waktu penelitian mulai Juni 2015 sampai September 2015. Hasil dari penelitian ini bahwa proses pelaksanaan program di lapangan yang dilakukan oleh anggota P2W-KSS dan pengurus P2W-KSS sudah sesuai dengan rangkaian rencana program awal yang di dalamnya yaitu tiga proses pelaksanaan program yaitu penyuluhan, pelaksaan, evaluasi. Hasil pelaksanaan program yaitu peningkatan pendapatan, mengurangi pengangguran, menjadi keluarga yang sehat dan sejahtera. Peneliti melihat hasil dari berjalannya program bahwa perlu pengoptimalkan pelaksanaan program yang dilakukan oleh Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Sriharini S.Ag, M. Si
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, P2W-KSS
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Feb 2016 02:14
Last Modified: 17 Feb 2016 02:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19390

Actions (login required)

View Item View Item