PERAN DINAS PARIWISATA KULON PROGO DALAM PENGEMBANGAN POTENSI WISATA GOA KISKENDO : STUDI DI DESA JATIMULYO, KECAMATAN GIRIMULYO, KABUPATEN KULON PROGO

ZAHROTUL KHASANAH, NIM. 11230084 (2016) PERAN DINAS PARIWISATA KULON PROGO DALAM PENGEMBANGAN POTENSI WISATA GOA KISKENDO : STUDI DI DESA JATIMULYO, KECAMATAN GIRIMULYO, KABUPATEN KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN DINAS PARIWISATA KULON PROGO DALAM PENGEMBANGAN POTENSI WISATA GOA KISKENDO : STUDI DI DESA JATIMULYO, KECAMATAN GIRIMULYO, KABUPATEN KULON PROGO)
11230084_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN DINAS PARIWISATA KULON PROGO DALAM PENGEMBANGAN POTENSI WISATA GOA KISKENDO : STUDI DI DESA JATIMULYO, KECAMATAN GIRIMULYO, KABUPATEN KULON PROGO)
11230084_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh peristiwa yang ada di Yogyakarta, khususnya perkembangan pariwisata yang semakin berkembang hampir merata di daerah-daerah yang berpotensi sebagai wisata yang dikembangkan baik itu wisata alam hingga wisata budaya. Salah satu objek wisata alam yang perlu dikunjungi ketika berwisata di Kulon Progo adalah Goa Kiskendo. Goa Kiskendo terletak di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Dapat dikatakan Goa Kiskendo termasuk dalam kategori pengembangan ekowisata.Serta Goa Kiskendo mempunyai beberapa daya tarik seperti kondisi yang masih alami, adanya legenda Sugriwa dan Subali, untuk camping maupun untuk menunjang agrowisata. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan : peran yang dilakukan Dinas Pariwisata dalam memberdayakan goa kiskendo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, kualitatif. Sumber data penelitian diperoleh melalui metode wawancara kepada pemerintah, juru kunci serta masyarakat sekitar goa kiskendo.metode pengumpulan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis kebenaranya dengan menggunakan triangulasi. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah: (1) Mengetahui bagaimana peran Dinas Pariwisata Kulon Progo dalam mengembangkan objek wisata Goa Kiskendo; (2) Mengetahui dampak peran Dinas Pariwisata Kulon Progo dalam pengembangan objek wisata Goa Kiskendo bagi masyarakat Jatimulyo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata memiliki peran sangat penting dalam pengembangan potensi wisata Goa Kiskendo. Adapun peran tersebut diantaranya adalah sebagai fasilitator, motivator, mediator dan komunikator. Selain itu, terdapat dampak positif bagi masyarakat Jatimulyo seperti terciptanya lapangan pekerjaan yang menyokong perekonomian mereka. Selain dampak positif, ada pula dampak negatif yang dapat terjadi, seperti adanya pertarungan ekonomi antara pemilik modal yang datang ke lokasi wisata dengan masyarakat setempat, serta ancaman kemerosotan moral masyarakat akibat sentuhan budaya-budaya modern dari luar sebagai konsekuensi objek wisata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Suyanto, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran, Dinas Pariwisata Kulon Progo, Goa Kiskendo.
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum, S.Kom ------- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 17 Feb 2016 02:19
Last Modified: 17 Feb 2016 02:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19393

Actions (login required)

View Item View Item