COMPUTER SELF –EFFICACY MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU RAUDLATUL ATHFAL

PURNAMA, SIGIT (2014) COMPUTER SELF –EFFICACY MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU RAUDLATUL ATHFAL. Project Report. UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (COMPUTER SELF –EFFICACY MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU RAUDLATUL ATHFAL)
SIGIT PURNAMA - COMPUTER SELF –EFFICACY MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU RAUDLATUL ATHFAL.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Computer Self-Efficacy Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Raulatul Athfal dan faktor-faktor pendukungnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah semua mahasiswa PGRA semester II Tahun Akademik 2013- 2014. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan dokumen. Analisis data dilakukan secara deskriptif persentase, melalui cara frekuensi dibagi dengan jumlah responden dikalikan 100 persen. Penelitian ini menghasilkan temuan, sebagai berikut: (1) Gambaran umum Computer Self-Efficacy Mahasiswa PGRA menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa yaitu sebanyak 42 orang (95,45%) memiliki Computer Self-Efficacy dengan kategori tinggi ( 111). Sedangkan 2 mahasiswa (4,54%) memiliki Computer Self-Efficacy dengan kategori rendah ( 74). (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi tingginya tingkat Computer Self-Efficacy mahasiswa PGRA antara lain: (a) Faktor pihak lain sebagai pengguna, yaitu: (1) pengalaman mahasiswa menggunakan komputer diketahui 29 mahasiswa (65,91%) dengan kategori sedang; (2) rata-rata mahasiswa PGRA telah menguasai tiga aplikasi komputer; dan (3) keikutsertaan mahasiswa dalam kursus komputer. (b) Faktor pendukungan yang diberikan institusi maupun pihak lain, yaitu: (1) mayoritas mahasiswa PGRA telah memiliki laptop atau komputer yang mencapai 90,90% atau 40 orang mahasiswa; (2) menyediakan laboratorium komputer, (2) menyediakan kegiatan semacam kursus yang dikelola mahasiswa, (3) fasilitas internet gratis bagi mahasiswa, (4) tersedianya komputer anjungan yang dapat digunakan mahasiswa untuk mengakses sistem informasi akademik, seperti ketika mereka akan mengambil rencana studi, melihat nilai mata kuliah, memberi penilaian kepada dosen, dan lain sebagainya. Kata kunci: computer self-efficacy, mahasiswa

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: computer self-efficacy, mahasiswa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Feb 2016 01:29
Last Modified: 18 Feb 2016 01:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19425

Actions (login required)

View Item View Item