EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADUKAN DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA

ENDAH TRI SEPTIANA, NIM. 11600038 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADUKAN DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADUKAN DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA)
11600038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (10MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADUKAN DENGAN METODE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP PEMAHAMAN RELASIONAL SISWA)
11600038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan metode Think Pair Share (TPS) terhadap pemahaman relasional siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain penelitian non equivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu pendekatan PBL yang dipadukan dengan metode TPS, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah pemahaman relasional siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Manisrenggo tahun ajaran 2014/2015, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII G sebagai kelas eksperimen. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa pretest dan posttest. Instrumen tes yang digunakan disusun berdasarkan indikator pemahaman relasional. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t independent sample t test terhadap nilai gain hasil tes pemahaman relasional, yaitu nilai posttest dikurang nilai pretest dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan metode Think Pair Share (TPS) lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional terhadap pemahaman relasional siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Think Pair Share, Pemahaman Relasional
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Feb 2016 09:20
Last Modified: 18 Feb 2016 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19432

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum