MENGGAGAS KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF-SPIRITUAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM “Telaah Hermeneutik Post Strukturalisme Atas Konsep Khalifah Fil-Ardh”

PRASTOWO, ANDI (2016) MENGGAGAS KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF-SPIRITUAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM “Telaah Hermeneutik Post Strukturalisme Atas Konsep Khalifah Fil-Ardh”. Forum Diskusi Ilmiah Dosen Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, Vol. 1 (No.1). pp. 1-36.

[img]
Preview
Text (MENGGAGAS KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF-SPIRITUAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM “Telaah Hermeneutik Post Strukturalisme Atas Konsep Khalifah Fil-Ardh”)
ANDI PRASTOWO - MENGGAGAS KEPEMIMPINAN TRANSFORMATIF-SPIRITUAL DALAM PENDIDIKAN ISLAM “Telaah Hermeneutik Post Strukturalisme Atas Konsep Khalifah Fil-Ardh”.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Makalah ini ditujukan untuk menggagas konsep dasar kepemimpinan transformatif yang selaras dengan karaterisik pendidikan Islam dan dengan perkembangan dunia global sekaligus melihat implikasinya pada ranah praksis. Dalam al-Qur’an telah dikenal konsep kepemimpinan, yaitu khalifah fil ardh. Dan, berdasarkan hasil kajian terhadap konsep tersebut menggunakan metode penelitian kepustakaan (literer) dan teknik analisis hermeneutik post-strukturalisme maka diperoleh temuan, yaitu: pertama, konsep kepemimpinan dalam Islam, yang lazim dikenal, dengan istilah “khalifah fil-ardh” sesungguhnya bukan sekedar menunjukkan kepemimpinan transformatif tetapi kepemimpinan transformatif-spiritual; kedua, model kepemimpinan transformatif-spiritual adalah konsep kepemimpinan yang berangkat dari pemaknaan kreatif terhadap perspektif konsep khalifah fil ardh, yang memadukan nilai-nilai kepemimpinan transformatif sekuler dengan nilai-nilai transenden yang melekat dan menjadi value serta worldview kepemimpinan tersebut; dan ketiga, implikasi model tersebut dalam kepemimpinan pendidikan Islam berupa kepemimpinan yang mampu menjadi role model, motivator, negosiator, dan generator dinamika perkembangan sekolah/madrasah sekaligus kreatif, inovatif, dan spiritual. Keywords: kepemimpinan transformatif-spiritual, khalifah fil-ardh, pendidikan Islam

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan transformatif-spiritual, khalifah fil-ardh, pendidikan Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Paper
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Feb 2016 10:25
Last Modified: 18 Feb 2016 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19442

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum