PENJADWALAN FLOW SHOP N JOB M MESIN DENGAN METODE FIRST COME FIRST SERVED (FCFS), EARLIEST DUE DATE (EDD) DAN ALGORITMA HEURISTIK POUR

ABDUL LATIEF IRSYAD, NIM. 11660002 (2016) PENJADWALAN FLOW SHOP N JOB M MESIN DENGAN METODE FIRST COME FIRST SERVED (FCFS), EARLIEST DUE DATE (EDD) DAN ALGORITMA HEURISTIK POUR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENJADWALAN FLOW SHOP N JOB M MESIN DENGAN METODE FIRST COME FIRST SERVED (FCFS), EARLIEST DUE DATE (EDD) DAN ALGORITMA HEURISTIK POUR)
11660002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENJADWALAN FLOW SHOP N JOB M MESIN DENGAN METODE FIRST COME FIRST SERVED (FCFS), EARLIEST DUE DATE (EDD) DAN ALGORITMA HEURISTIK POUR)
11660002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penjadwalan flow shop n job m mesin dengan pendekatan metode First Come First Served (FCFS), Earliest Due Date (EDD) dan Algoritma Heuristik Pour. Tujuan penelitian ini adalah melakukan perbandingan performansi antara ketiga metode tersebut untuk meminimalkan makespan. Dalam penelitian ini data waktu proses dan due date yang digunakan merupakan data random yang dibangkitkan dengan software Matlab 7.1. Kombinasi jumlah job dan mesin yaitu 4 job dan 2 mesin. Penelitian ini dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama yaitu melakukan perhitungan menggunakan metode enumerasi. Tahap kedua yaitu melakukan perhitungan dengan metode FCFS, EDD dan Pour. Parameter performansi yang digunakan yaitu makespan rata-rata, Efficiency Index (EI), Relative Error (RE), run time, dan nilai deviasi makespan rata-rata. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode terbaik untuk penjadwalan flow shop n job m mesin dalam meminimalkan makespan adalah Algoritma Heuristik Pour karena memiliki nilai makespan rata-rata terkecil yaitu 30,70 time unit, nilai EI < 1, nilai RE lebih dari 5% dan memiliki nilai deviasi yang terkecil yaitu 0,35 time unit. Meskipun metode Algoritma Heuristik Pour memiliki nilai run time yang paling lama akan tetapi nilai run time yang diperoleh masih dapat ditoleransi yaitu sebesar 2.741351 detik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dwi Agustina Kurniawati, S.T., M.Eng
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan, flow shop, enumerasi, FCFS, EDD, Pour
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 19 Feb 2016 09:42
Last Modified: 19 Feb 2016 09:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum