LAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM MENYIAPKAN SISWA TUNAGRAHITA MEMASUKI DUNIA KERJA DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA

MARINI RAHMATINA, NIM. 12220073 (2016) LAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM MENYIAPKAN SISWA TUNAGRAHITA MEMASUKI DUNIA KERJA DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM MENYIAPKAN SISWA TUNAGRAHITA MEMASUKI DUNIA KERJA DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA)
12220073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (LAYANAN BIMBINGAN KARIR DALAM MENYIAPKAN SISWA TUNAGRAHITA MEMASUKI DUNIA KERJA DI SLB N PEMBINA YOGYAKARTA)
12220073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (791kB)

Abstract

Anak tunagrahita merupakan anak yang mengalami hambatan pada intelektualnya. Penulis mengambil kelompok tunagrahita ringan yang dapat disebut juga anak tunagrahita mampu didik. Mereka dapat diberikan pendidikan dan latihan untuk kehidupan sehari-hari. Pendidikan yang dapat mengarahkan siswa untuk mengembangkan potensi keterampilan vokasional agar siswa dapat melakukan segala sesuatunya secara mandiri setelah lulus dari sekolah. Keterampilan tersebut akan menjadi bekal untuk mereka lulus nanti sehingga dapat mandiri mencari maupun membuka usaha sendiri. Akan tetapi terkadang kenyataan yang ada bertolak belakang dengan apa yg diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode layanan bimbingan karir dalam menyiapkan anak tunagrahita memasuki dunia kerja di SLB Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah koordinator BK, guru kelas kejuruan. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah metode layanan bimbingan karir dalam menyiapkan anak tunagrahita memasuki dunia kerja di SLB Negeri Pembina. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi yang dilakukan dengan cara triangulasi tekni, sumber data, dan waktu. Adapun analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana data yang telah terkumpul disusun dan diklasifikasikan sehingga dapat menjawab dari rumusan masalah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat enam metode bimbingan karir dengan pendekatan kelompok dan dua metode bimbingan karir dengan pendekatan individu. Metode bimbingan karir dengan secara kelompok yaitu karyawisata, career day, latihan kerja (magang), demonstrasi, eksperimen, dan kegiatan kurikuler. Sedangkan metode bimbingan dengan secara individual yaitu konseling karir dan home visit. Beberapa metode tersebut digunakan oleh guru Bk sekaligus guru kelas sesuai dengan pembelajaran untuk menyiapkan anak tunagrahita memasuki dunia kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhsin Kalida S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Karir, Menyiapkan anak tunagrahita memasuki dunia kerja.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 28 Apr 2016 14:08
Last Modified: 28 Apr 2016 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19467

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum