PERAN GURU DALAM UPAYA MEMBANGUN KREATIVITAS DAN NASIONALISME PADA PESERTA DIDIK DI KELAS 2 MIN YOGYAKARTA II

RIFQI AULIAWATI, NIM : 08480022 (2015) PERAN GURU DALAM UPAYA MEMBANGUN KREATIVITAS DAN NASIONALISME PADA PESERTA DIDIK DI KELAS 2 MIN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM UPAYA MEMBANGUN KREATIVITAS DAN NASIONALISME PADA PESERTA DIDIK DI KELAS 2 MIN YOGYAKARTA II)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM UPAYA MEMBANGUN KREATIVITAS DAN NASIONALISME PADA PESERTA DIDIK DI KELAS 2 MIN YOGYAKARTA II)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah guru di dalam sistem pendidikan memiliki peran penting untuk mengarahkan kepada peserta didik agar tercapainya tujuan pendidikan. Sehubungan dengan tugasnya tersebut seorang guru perlu menanamkan sikap moral yang baik dan sikap patriotisme kepada pendidik. Dalam kaitannya dengan pembelajaran di madrasah, perlunya ditingkatkan nilai moral, kreativitas, dan nasionalisme peserta didik. Melihat pentingnya nilai-nilai kreativitas dan nasionalisme pada pesera didik maka peneliti sangat tertarik untuk mengkaji secara mendalam terkait dengan pengembangan nilai kreativitas dan nasionalisme di madrasah yang dalam hal ini terfokus pada MIN Yogyakarta II. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai peran guru dalam membangun kreativitas dan nasionalisme peserta didik di kelas 2, pendekatan dan metode yang digunakan dan faktor pendukung serta faktor penghambat guru dalam membangun kreativitas dan nasionalisme peserta didik di kelas 2 MIN Yogyakarta II. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi dan wawancara. Subjek penelitian ini adalah di kelas 2 MIN Yogyakarta II dengan sumber data Kepala Madrasah, Guru Kelas 2, siswa kelas 2 dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan diskriptif kualitatif dengan langkah pengumpulan data, reduksi data, pengujian data, penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan nilai kreativitas dan nasionalisme dalam pembelajaran disampaikan pada saat penyampaian materi, baik materi tersebut bertema kreativitas maupun tema lain, evaluasi pembelajaran yang tepat, kegiatan rutin dan kegiatan spontan di luar pembelajaran. Guru kelas 2 MIN Yogyakarta II menggunakan pendekatan dan metode beberapa tahap yaitu: (1) Proses pengenalan kepada peserta didik, (2) Proses siswa menyukai pesan nilai-nilai kreativitas dan nasionalisme, (3) Siswa terbiasa kreatif dan memiliki jiwa nasionalisme. Metode yang digunakan dalam membangun kreativitas dan Nasionalisme yaitu: metode keteladanan dan pembiasaan. Beberapa hal yang mendukung terwujudnya kreativitas dan nasionalisme peserta didik yaitu: fasilitas yang memadai dan guru yang profesional. Adapun hambatan yang di alami guru dalam menanamkan kreativitas dan nasionalisme yaitu: (1) Pada tahap persiapan adalah kesulitan dalam mengorganisasikan materi, media dan sumber belajar yang berhubungan dengan nilai-nilai nasionalisme, (2) Pada tahap pelaksanaan terjadi karena keterbatasan alokasi waktu, (3) Peserta didik memiliki latar belakang keluarga, sifat, sikap dan perangai yang berbeda-beda. Kata Kunci : kreativitas, nasionalisme dan MIN Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, nasionalisme dan MIN Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Feb 2016 03:25
Last Modified: 22 Feb 2016 03:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19484

Actions (login required)

View Item View Item