IMPLEMENTASI PROGRAM KOORDINASI GURU DI MI PLUS AL-KAUTSAR GABAHAN SUMBERADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA

SETYO PRASOJO, NIM. 10481033 (2015) IMPLEMENTASI PROGRAM KOORDINASI GURU DI MI PLUS AL-KAUTSAR GABAHAN SUMBERADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM KOORDINASI GURU DI MI PLUS AL-KAUTSAR GABAHAN SUMBERADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM KOORDINASI GURU DI MI PLUS AL-KAUTSAR GABAHAN SUMBERADI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Setyo Prasojo, “Implementasi Program Koordinasi Guru di MI Plus Al- Kautsar Gabahan Sumberadi Mlati Sleman Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini dilatar belakangi karena melihat adanya tuntutan bagi guru untuk selalu meningkatkan kompetensinya. Namun para guru tidak memiliki waktu yang cukup untuk meningkatkan kompetensinya. Untuk itu perlu perhatian khusus terutama dari pihak madrasah agar memberikan kesempatan bagi guru dalam meningkatkan kompetensi. Begitu pula yang terdapat di MI Plus Al- Kautsar, MI ini memberikan tempat bagi guru untuk meningkatkan kompetensinya melalui program koordinasi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis apa saja kegiatan dalam program koordinasi guru, bagaimana mekanisme pelaksanaannya, serta bagaimana hasil dari program koordinasi guru di MI Plus Al-Kautsar Gabahan Sumberadi Mlati Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di MI Plus Al-Kautsar Gabahan Sumberadi Mlati Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan beberapa tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan uji keabsahan data dengan uji kredibilitas data, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal yaitu: (1) Program koordinasi guru meliputi dua jenis kegiatan yaitu: kegiatan rutin dan kegiatan insidental. (2) Implementasi program koordinasi guru dirumuskan melalui beberapa tahapan yaitu tahap tim kerja, tahap persetujuan yayasan, tahap sosialisasi kepada guru, dan tahap pelaksanaan kegiatan. (3) Hasil program koordinasi guru berkontribusi dalam peningkatan keempat kompetensi guru yaitu, kompetensi pedagogik, kompetensi personal, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional. Kata kunci: implementasi, program koordinasi guru, kompetensi guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andi Prastowo, M. Pd. I.
Uncontrolled Keywords: implementasi, program koordinasi guru, kompetensi guru
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Feb 2016 03:36
Last Modified: 22 Feb 2016 06:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19488

Actions (login required)

View Item View Item