PENGEMBANGAN PANDUAN EKSPERIMEN SAINS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PESERTA DIDIK MI/SD KELAS IV SEMESTER I

ANISATUL MAHMUDAH, NIM: 11480002 (2015) PENGEMBANGAN PANDUAN EKSPERIMEN SAINS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PESERTA DIDIK MI/SD KELAS IV SEMESTER I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN PANDUAN EKSPERIMEN SAINS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PESERTA DIDIK MI/SD KELAS IV SEMESTER I)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (24MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN PANDUAN EKSPERIMEN SAINS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK PESERTA DIDIK MI/SD KELAS IV SEMESTER I)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pengembangan dan untuk mengetahui kualitas panduan eksperimen sains dengan pendekatan saintifik untuk peserta didik MI/SD kelas IV semester I dari beberapa para ahli, peer reviewer, guru wali kelas, dan respon peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Prosedur pengembangan panduan eksperimen sains ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahap yaitu Define (Pendefinisian), tahap Design (Perancangan), tahap Develop (Pengembangan), dan terakhir tahap Disseminate (Penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kualitas produk panduan eksperimen sains adalah instrumen non tes berupa angket yang memiliki skala pengukuran. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert yang mencakup komponen penilaian yaitu komponen kualitas isi, daya tarik, kebahasaan, evaluasi, dan keterlaksanaan. Uji coba yang dilakukan di lima sekolah/madrasah merupakan uji validasi dimana peserta didik hanya memberikan penilaian atau respon pada panduan eksperimen sains melalui angket dengan skala pengukuran yakni skala Guttman yang dibuat dalam bentuk check list. Data yang didapat merupakan data kualitatif. Hasil penilaian dari para ahli dijumlahkan untuk masing-masing kategori atau kriteria penilaian dan dipersentase sehingga diketahui kualitas panduan berdasarkan presentase keidealan penilaian tersebut. Hasil Penelitian panduan eksperimen sains berdasarkan hasil penilaian oleh para ahli, peer reviewer, dan guru wali kelas IV termasuk dalam kategori “SB” (Sangat Baik). Respon peserta didik terhadap panduan eksperimen sains dalam uji coba lapangan secara keseluruhan memperoleh kategori penilaian “Positif”. Persentase respon peserta didik yang merespon positif produk sebesar 97,9%, dan yang merespon negatif sebesar 2,08%. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa panduan eksperimen sains dengan pendekatan saintifik untuk peserta didik MI/SD kelas IV semester I yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran IPA. Kata Kunci: pengembangan, panduan eksperimen sains, pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mohammad Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pengembangan, panduan eksperimen sains, pendekatan saintifik.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP
Date Deposited: 22 Feb 2016 13:18
Last Modified: 22 Feb 2016 13:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum