PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KELIPATAN DAN FAKTOR UNTUK SISWA KELAS IV SD/MI

ROSANA INDAH OKTAVIANA, NIM : 11480045 (2015) PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KELIPATAN DAN FAKTOR UNTUK SISWA KELAS IV SD/MI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KELIPATAN DAN FAKTOR UNTUK SISWA KELAS IV SD/MI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (33MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LKS MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN PEMECAHAN MASALAH MATERI KELIPATAN DAN FAKTOR UNTUK SISWA KELAS IV SD/MI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (910kB)

Abstract

Rosana Indah Oktaviana, “Pengembangan LKS Matematika dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Materi Kelipatan dan Faktor untuk Siswa Kelas IV SD/MI”. Skripsi. Yogyakarta: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan LKS matematika dengan pendekatan pemecahan masalah materi kelipatan dan faktor untuk siswa kelas IV SD/MI, (2) mengetahui kelayakan LKS matematika dengan pendekatan pemecahan masalah materi kelipatan dan faktor untuk siswa kelas IVSD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Research and Development). Prosedur penyusunan LKS terdiri dari 5 tahapan, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen penelitian yang digunakan untuk menilai kelayakan bahan ajar ini yaitu menggunakan lembar angket. Bahan ajar dinilai oleh ahli media, ahli materi, peer reviewer, guru, dan direspon oleh siswa MI Al Ihsan dalam uji coba terbatas. Hasil penelitian yang (1) telah berhasil dikembangkan LKS matematika dengan pendekatan pemecahan masalah materi kelipatan dan faktor untuk siswa kelas IVSD/MI dan (2) hasil penilaian kelayakan LKS menurut ahli materi adalah Baik (B) dengan skor 63 dan persentase keidealan 78,75%. Berdasarkan penilaian ahli media adalah Baik(B) dengan skor 38 dan persentase keidealan 76%. Berdasarkan penilaian peer reviewer adalah Sangat Baik (SB) dengan skor 83 dan persentase keidealan 87,37%. Berdasarkan penilaian guru adalah Baik (B) dengan skor 74 dan persentase keidealan 77,89%, sedangkan berdasarkan respon siswa sebagian besar siswa merespon positif dengan skor 9,6 dan persentase keidealan 96%. Dengan demikian, LKS matematika ini layak digunakan dalam pembelajaran untuk siswa kelas IV SD/MI. Kata kunci: LKS Matematika, Pemecahan Masalah, Kelipatan dan Faktor

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Luluk Mauluah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: LKS Matematika, Pemecahan Masalah, Kelipatan dan Faktor
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Feb 2016 06:37
Last Modified: 22 Feb 2016 06:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19496

Actions (login required)

View Item View Item