EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DILENGKAPI THE POWER OF TWO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DI MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2014/2015

ARLIN ANGGRAINI, NIM : 11480062 (2015) EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DILENGKAPI THE POWER OF TWO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DI MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DILENGKAPI THE POWER OF TWO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DI MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE DILENGKAPI THE POWER OF TWO TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS III DI MIN YOGYAKARTA II TAHUN AJARAN 2014/2015)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran IPA di kelas III MIN Yogyakarta II dengan menerapkan metode pembelajaran crossword puzzle dilengkapi the power of two lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran IPA menggunakan metode yang biasa dilakukan oleh guru matapelajaran IPA di Kelas III ditinjau dari peningkatan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III MIN Yogyakarta II tahun ajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan nonprobability sampling berupa purposive sampling. Pengujian rata-rata menggunakan statistik Uji Independent t dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS 19.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode crossword puzzle dilengkapi the power of two lebih efektif dibanding dengan menggunakan metode pembelajaran yang digunakan guru mata pelajaran IPA yang digunakan guru biasanya ditinjau dari hasi peningkatan belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung sebesar 11, 470 dan signifikansi sebesar 0,000 yang lebih besar dari 0,05. Perbedaan hasil belajar dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata kelompok eksperimen sebesar 92,3077 sedangkan rata-rata kelompok kontrol sebesar 71,4286 Key word: Crossword Puzzle, The Power Of Two, hasil belajar IPA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Moh. Agung Rokhimawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Crossword Puzzle, The Power Of Two, hasil belajar IPA.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Feb 2016 06:52
Last Modified: 22 Feb 2016 06:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19498

Actions (login required)

View Item View Item