KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI MIN JEJERAN BANTUL

WAHYU DIANTORO HIDAYAT, NIM : 11480073 (2015) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI MIN JEJERAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI MIN JEJERAN BANTUL)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN DI MIN JEJERAN BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

WAHYU DIANTORO HIDAYAT. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembuatan Media Pembelajaran di MIN Jejeran Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Guru dianggap sebagai orang yang banyak mengetahui kondisi belajar, juga permasalahan belajar yang dihadapi oleh peserta didik. Dalam metodologi pengajaran ada dua aspek yang paling menonjol yakni metode pengajaran dan media sebagai alat bantu pengajaran. Media yang diggunakan tidak harus beli dan harganya mahal, tetapi guru dapat mengembangkan ketrampilan membuat media pembelajaran. Jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan termasuk penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian adalah guru atau wali kelas satu sampai enam. Objeknya adalah pembuatan media pembelajaran oleh guru wali kelas. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan hal berikut; pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Media pembelajaran yang digunakan berjenis teknologi informasi, cetak dan lingkungan. Pembuatan media pembelajaran dengan cara; pertama analisis kurikulum, kedua analisis sumber belajar, ketiga memilih dan menentukan media. Pemanfaatan media dilakukan dengan menyesuaikan materi pelajaran dan dipadukan dengan metode serta strategi yang berfariasi. Penilaian terhadap media dilakukan dengan dua cara tes dan non tes. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Media Pembelajaran, Madrasah Ibtidaiyah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Andi Prastowo, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Guru, Media Pembelajaran, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Feb 2016 06:55
Last Modified: 22 Feb 2016 06:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19499

Actions (login required)

View Item View Item