IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS YANG KONDUSIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III DI MIN YOGYAKARTA I

RENI MULATSIH, NIM: 11481009 (2015) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS YANG KONDUSIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III DI MIN YOGYAKARTA I. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS YANG KONDUSIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III DI MIN YOGYAKARTA I)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS YANG KONDUSIF DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS III DI MIN YOGYAKARTA I)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya proses kegiatan belajarmengajar yang dilakukan oleh guru mata pelajaran Bahasa Jawa dengan jumlah siswa yang berlebih dalam satu kelas, dan guru bukan merupakan tenaga ahli. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi manajemen kelas yang diterapkan guru dalam pembelajaran Bahasa Jawa. Adapun masalah yang dirumuskan adalah implementasi manajemen kelas yang kondusif dalam pembelajaran Bahasa Jawa, faktor penghambat dan pendukung, serta hasil implementasi manajemen kelas yang kondusif. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan pemahaman pada calon guru dan guru mengenai pentingnya manajemen kelas dalam menciptakan suasana yang kondusif dalam pembelajaran Bahasa Jawa sehingga tercapai suatu tujuan yang sudah ditentukan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MIN Yogyakarta I. Adapun yang menjadi subyek penelitian adalah guru mata pelajaran Bahasa Jawa, kepala madrasah, serta siswa kelas III MIN Yogyakarta I. Pengumpulan data dilakukan dengan deskriptif analitik yaitu dengan cara mendeskripsikan dan menganalisis sama data lapangan serta membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) implementasi manajemen kelas dilakukan dalam pembelajaran Bahasa Jawa dengan mempersiapkan persiapan pembelajaran dan menerapkan dalam kegiatan belajar-mengajar yang kondusif, (2) faktor penghambat: dari guru bukan tenaga ahli, dari siswa terdapat faktor penghamabat seperti jumlah siswa berlebih, dari madrasah tidak adanya pelatihan khusus, faktor pendukung: dari guru kediplinan, tanggung jawab, hubungan baik dan kelas terkoordinir, faktor pendukung dari siswa: kebersihan, kerapian siswa dan antusiasme siswa, faktor dari madrasah: sarana-prasarana yang memadai, (3) hasil implementasi manajemen kelas siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran Bahasa Jawa, hasil belajar siswa meningkat, guru dengan mudah menerapkan pendekatan dan mengatur strategi, karena situasi kelas dapat dikendalikan. Kata kunci: manajemen kelas, kondusif dan pembelajaran Bahasa Jawa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Sedya Santosa, SS., M.Pd
Uncontrolled Keywords: manajemen kelas, kondusif dan pembelajaran Bahasa Jawa
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 22 Feb 2016 14:34
Last Modified: 22 Feb 2016 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19502

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum