KOMPARASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (TELAAH BUKU TEKS PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DENGAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTISMP KELAS VII KURIKULUM 2013)

ALI MURFI, NIM. 11470082 (2016) KOMPARASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (TELAAH BUKU TEKS PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DENGAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTISMP KELAS VII KURIKULUM 2013). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPARASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (TELAAH BUKU TEKS PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DENGAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTISMP KELAS VII KURIKULUM 2013))
11470082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (23MB) | Preview
[img] Text (KOMPARASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (TELAAH BUKU TEKS PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DENGAN PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTISMP KELAS VII KURIKULUM 2013))
11470082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Ali Murfi. Komparasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural (Telaah Buku Teks Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti SMP Kelas VII Kurikulum 2013). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014. Penelitian ini berdasarkan fakta bahwa materi pembelajaran dalam buku teks PAI dan Budi Pekerti & PAK dan Budi Pekerti SMP Kelas VII Kurikulum 2013 masih belum mampu melakukan integrasi dan komprehensifitas muatan bahan ajar; memasukkan materi-materi, konsep-konsep, dan nilai-nilai dari berbagai agama dengan maksud siswa dapat melihat perbedaan dan persamaan dalam agama-agama, sekaligus untuk mengenal keunikan masing-masing agama.Dalam kerangka inilah, penelitian ini difokuskan untuk mengetahui, memahami dan menghayati nilai-nilai pendidikan multikultural yang termuat dalam buku teks pelajaran PAI dan Budi Pekerti & PAK dan Budi Pekerti, serta melakukan analisis perbandingan (komparasi) antara substansi nilai-nilai pendidikan multikultural dalam kedua buku teks pelajaran tersebut meliputi perbedaan, persamaan dan titik temu (kalimatun sawa’). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, sementara berdasarkan objek kajian, maka penelitian termasuk penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakanmetode content analysis (analisis isi) dan metode analisis komparatif konstan (constant comparative analysis). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofis, sosiologis dan psikologis.Kemudian penyajian datanya dalam bentuk deskripsi, tabel, dan diagram lingkaran agar mudah dipahami. Temuan penelitian ini adalah pertama, buku teks PAI dan Budi Pekerti maupun PAK dan Budi Pekerti sama-sama memiliki muatan nilai-nilai pendidikan multikultural meskipun dengan jumlah muatan materi yang berbeda, yaitu nilai belajar hidup dalam perbedaan, membangun saling percaya (mutual trust), memelihara saling pengertian (mutual understanding), menjunjung sikap saling menghargai (mutual respect), terbuka dalam berpikir, apresiasi dan interdependensi, serta resolusi konflik dan rekonsiliasi nirkekerasan. Kedua, substansi nilai-nilai pendidikan multikultural yang termuat kedua buku teks tersebut banyak memiliki persamaan yang akhirnya menjadi titik temu (kalimatun sawa’) keduanya daripada perbedaan yang ada, sehingga Islam dan Kristen hendaknya bergerak saling mengikat diri satu sama lain dalam satu usaha bersama untuk mengumandangkan nilai-nilai luhur multikultural dimana kedua tradisi dapat berdiri kokoh dan ditransformasikan melalui pendidikan yaitu integrasi dan komprehensifitas muatan bahan ajar yang kokoh, mantap, dan stabil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: M. Agus Nuryatno, MA., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Islam, Kristen, Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural, Perbedaan Persamaan, Titik Temu (Kalimatun Sawa’).
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftahul Ulum [IT Staff] ---- youtube : ulum virgo -------- Facebook : digilibuin
Date Deposited: 08 Mar 2016 15:19
Last Modified: 08 Mar 2016 15:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19504

Actions (login required)

View Item View Item