Penafsiran Ayat-ayat Riba Menurut Wahbah Al-Zuhaili Dalam Kitab Al-Tafsir Al- Munir fi Al-Aqidah wa Al-Syari’ah wa Al-Manhaj

ULVAH KHOLIDATUL JANNAH, NIM : 11530120 (2015) Penafsiran Ayat-ayat Riba Menurut Wahbah Al-Zuhaili Dalam Kitab Al-Tafsir Al- Munir fi Al-Aqidah wa Al-Syari’ah wa Al-Manhaj. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Penafsiran Ayat-ayat Riba Menurut Wahbah Al-Zuhaili Dalam Kitab Al-Tafsir Al- Munir fi Al-Aqidah wa Al-Syari’ah wa Al-Manhaj)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Penafsiran Ayat-ayat Riba Menurut Wahbah Al-Zuhaili Dalam Kitab Al-Tafsir Al- Munir fi Al-Aqidah wa Al-Syari’ah wa Al-Manhaj)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Fokus penelitian ini adalah keadilan ekonomi, penafsiran Wahbah Al- Zuhaili yang di dalamnya terdapat pemaparan mengenai keadilan ekonomi dan analisis penafsiran terma riba dalam kitab Al-Tafs>ir Al-Muni>r fi> Aqi>dah wa Asy- Syari>’ah wa Al-Mnha>j. Keadilan ekonomi dipilih karena ekonomi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan terma riba menjadi pembahasan lanjutan dalam penafsiran, karena riba dari zaman jahiliyah sampai sekarang menjadi salah satu penyakit yang belum terselesaikan dalam masalah perekonomian. Al-Zuhaili merupakan mufasir kontemporer yang memberikan penafsiran klasik yang dikemas dengan gaya bahasa kontemporer. Wahbah Al- Zuhaili selain sebagai mufasir beliau dikenal sebagai ulama ahli fiqih. Karyakarya yang yang berkaitan dengan tafsir, fiqih, ataupun keagamaan Islam sudah tersebar di berbagai negara baik Arab maupun negara-negara lainnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (liberary research) yaitu suatu penelitian yang sumber penelitiannya adalah pustaka. Sumber primer penelitian ini adalah kitab Al-Tafs>ir Al-Muni>r fi> Aqi>dah wa Asy-Syari>’ah wa Al- Manha>j karya Wahbah Al-Zuhaili. Sumber sekundernya adalah buku-buku, internet, jurnal, dll. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif-analitik yang bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis penafsiran Wahbah Al-Zuhaili kemudian dikaitkan dengan pokok pembahasan keadilan dalam ekonomi. Selanjutnya keadilan ekonomi yang ditawarkan dalam Al-Qur’an dikontekstualisasikan dengan situasi perekonomian masa kini. Dampak-dampak riba bagi masyarakat adalah salah satu pihak yang diuntungkan dan pihak lain yang dirugikan, hal tersebut masuk dalam kategori transaksi bathil, mengeksploitasi harta orang lain dengan sekehendaknya, menyebabkan kesengsaraan orang lain. Dijelaskan bahwasannya anggapan mengenai bertambahnya harta riba itu salah karena yang bertambah sejatinnya adalah harta dari zakat. Sehingga Wahbah Al-Zuhaili memberikan himbauan bagi umat manusia untuk menjauhi transaksi riba dan Al-Zuhaili memotivasi untuk mengeluarkan zakat. Solusi yang ditawarkan Wahbah Al-Zuhaili bagi transaksi perekonomian adalah memberikan sikap rasa toleran, kasih sayang, tolong menolong, sehingga menciptakan kehidupan yang berkeadilan. Relevansi keadilan ekonomi dengan sistem ekonomi moderen saat ini adalah bisa dilihat dari munculnya berbagai sistem perekonomian pada abad moderen ini. Sistem perekonomian moderen yang berkembang saat ini diantaranya sistem kapitalis, sistem komunisme, sistem sosialisme dll. Akan tetapi setelah mengetahui ideologi sistem perekonomian tersebut maka dapat diketahui bahwa sistem di atas mengalami kegagalan. Hal tersebut karena tidak adanya keseimbangan dan keadilan sistem, yaitu di dalamnya masih banyak mengandung riba, eksploitasi harta secara bebas dll. Berbeda dengan sistem perekonomian yang ditawarkan Al-Qur’an dan Al-Sunnah, sitem ini bekesinambungan yang didalamnya mengandung aspek kemanusiaan (humanisme).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Muhammad Yusuf M.
Uncontrolled Keywords: riba
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 23 Feb 2016 04:16
Last Modified: 23 Feb 2016 04:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19514

Actions (login required)

View Item View Item