AL SHAKHSIYYAH AL RAISIYYAH FUADAH FI AL RIWAYAH AL GHAIB LI NAWAL AL SA'DAWY (DIRASAH TAHLILIYYAH PSIKOLOGIYYAH ADABIYYAH 'INDA ABRAHAM MASLOW)

BURHANUDIN, NIM. 11110116 (2016) AL SHAKHSIYYAH AL RAISIYYAH FUADAH FI AL RIWAYAH AL GHAIB LI NAWAL AL SA'DAWY (DIRASAH TAHLILIYYAH PSIKOLOGIYYAH ADABIYYAH 'INDA ABRAHAM MASLOW). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL SHAKHSIYYAH AL RAISIYYAH FUADAH FI AL RIWAYAH AL GHAIB LI NAWAL AL SA'DAWY (DIRASAH TAHLILIYYAH PSIKOLOGIYYAH ADABIYYAH 'INDA ABRAHAM MASLOW))
11110016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL SHAKHSIYYAH AL RAISIYYAH FUADAH FI AL RIWAYAH AL GHAIB LI NAWAL AL SA'DAWY (DIRASAH TAHLILIYYAH PSIKOLOGIYYAH ADABIYYAH 'INDA ABRAHAM MASLOW))
11110016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Fuadah adalah tokoh utama dalam novel Al-Ghaib karya Nawal El-Sa’dawi yang menjadi objek material penelitian ini. Novel ini mengisahkan seorang perempuan muda yang berusaha mencari jati dirinya di dunia yang serba pragmatis dan diskriminatif, setiap orang menjadi apatis. Fuadah mencoba melawan hegemoni laki-laki agar dirinya bisa menjadi wanita yang bebas dan dapat menjadi dirinya sendiri seperti yang diinginkannya. Kegemarannya dalam bidang kimia membuatnya menjadi lebih baik. Meskipun ibu dan kekasihnya tidak menginginkan perubahan itu, akan tetap saja ia menjalaninya dengan penuh percaya diri. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan dan mendeskripsikan psikis tokoh utama dalam novel Al-Ghaib karya Nawal El-Sa’dawi. Pendekatan yang sering digunakan dalam menganalisis karya sastra, yaitu teori kepribadian Abraham Harold Maslow, seorang psikolog yang berasumsi bahwa manusia sejatinya merupakan makhluk yang baik, sehingga manusia memiliki hak untuk merealisasikan jati dirinya untuk mencapai self-actualization. Manusia berupaya memenuhi dan mengekspresikan potensi dan bakatnya yang kerap kali terhambat oleh kondisi luar yang menolaknya. Lima konsep dari pemikiran Abraham Maslow adalah: kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan rasa cinta dan memiliki, kebutuhan akan penghargaan, serta kebutuhan akan aktualisasi diri. Hasil penelitian ini menegaskan bahwa ada beberapa masalah yang di hadapi oleh tokoh utama yang berpengaruh terhadap perkembangan dirinya, diantaranya: Ayah Fuadah membencinya semenjak lahir karena dia perempuan, menyukai pelajaran kimia semasa sekolah, bekerja di departemen penelitian untuk memenuhi kebutuhannya, dikhianati cintanya oleh Farid yang pergi tanpa kabar, Fuadah keluar dari departemen. Kata Kunci: Psikologi humanistik, Pencarian jati diri, Perkembangan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Taufiq A. Dardiri. SU
Uncontrolled Keywords: Psikologi humanistik, Pencarian jati diri, Perkembangan diri.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Feb 2016 08:32
Last Modified: 25 Feb 2016 08:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19535

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum