GERAKAN FILANTROPI AGAMA SEBAGAI SOLIDARITAS KOMUNITAS (STUDI POLA GERAKAN FILANTROPI GEREJA HKBP KOTABARU, YOGYAKARTA)

SALIM ABROR, NIM. 08540037 (2015) GERAKAN FILANTROPI AGAMA SEBAGAI SOLIDARITAS KOMUNITAS (STUDI POLA GERAKAN FILANTROPI GEREJA HKBP KOTABARU, YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (GERAKAN FILANTROPI AGAMA SEBAGAI SOLIDARITAS KOMUNITAS (STUDI POLA GERAKAN FILANTROPI GEREJA HKBP KOTABARU, YOGYAKARTA))
08540037_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (GERAKAN FILANTROPI AGAMA SEBAGAI SOLIDARITAS KOMUNITAS (STUDI POLA GERAKAN FILANTROPI GEREJA HKBP KOTABARU, YOGYAKARTA))
08540037_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Huria Kristen Batak Protestan merupakan gereja kesukuan yakni suku Batak. Gereja HKBP tersebar di seluruh Indonesia dan manca Negara, salah satunya gereja HKBP yang berada di Yogyakarta. Sebagai sebuah lembaga keagamaan, gereja HKBP Yogyakarta meyakini kehadirannya di tengah-tengah masyarakat adalah untuk melayani dan bukan dilayani.Pelayanan tersebut merupakan bagian dari Tri Tugas Panggilan Gereja yaitu berdiakonia (melakukan pelayanan sosial) atau gerakan filantropi berbasis agama. Pelayanan sosial yang dilakukan oleh gereja HKBP Yogyakarta dibagi ke dalam tiga bidang yaitu, kesehatan, sosial, pendidikan, dan kemasyarakatan. Oleh karena itu, penelitian ini akan memfokuskan dua rumusan masalah, yaitu bagaimana sistem teologis Kristen Protestan mempengaruhi lahirnya gerakan filantropi gereja HKBP Yogyakarta dan pola gerakan filantropi agama sebagai solidaritas komunitas. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjawab kedua rumusan masalah tersebut. Untuk menjawab permasalahan tersebut, maka pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk mengamati fakta-fakta empiris yang terjadi, wawancara dengan pihak pengurus, pendeta dan jemaat gereja HKBP Yogyakarta serta melakukan dokumentasi mengenai datadata terkait. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan sosiologis, pengolahan datanya dilakukan secara kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Untuk memenuhi keabsahan penelitian ini, penulis menganalisis menggunakan teori solidaritas sosial Emile Durkheim. Dari penelitian ini diperoleh jawaban bahwa sistem teologis yang mempengaruhi lahirnya gerakan filantropi gereja HKBP Yogyakarta muaranya adalah rasa iman kepada Yesus Kristus, mulai dari kehidupannya (bersekutu), pekerjaannya (melayani) dan perkataannya (mewartakan Injil), yang biasa disebut dengan Tri Tugas Gereja. Disisi lain,dikarenakan HKBP Yogyakarta merupakan gerejakesukuan mereka melakukan kegiatan filantropi tersebut berdasarkan ikatan batin dari seorang suku Batak terhadap suku Batak yang lain. Jika dilihat dari sisi solidaritas sosialnya Emile Durkheim gerakan filantropi agama gereja HKBP Yogyakarta diidentikkan dengan solidaritas mekanik karena, di dalam gerakan tersebut masih terdapat unsur kesadaran kolektif yang kokoh, yang dibangun melalui sistem keprcayaan dan kebudayaan yang sama. Dengan demikian, gerekan filantropi gereja HKBP Yogyakarta menghasilkan dua pola yaitu vertikal dan horizontal. Vertikal menandakan hubungan antara gereja dengan Tuhan, sedangkan horizontal menandakan hubungan antara gereja dengan manusia. Pola seperti itu, hampir sama dengan konsep hablum minallah dan hablum minannas dalam Islam, tetapi yang membedakannya adalah tujuan. Gereja melakukan diakonia bertujuan untuk mempertebal rasa keimanan kepada Yesus, sedangkan Islam melakukan zakat, sedekah dan lain sebagainya bertujuan untuk memperoleh pahala.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muhammad Amin, Lc., MA.,
Uncontrolled Keywords: solidaritas komunitas, gerakan filantropi gereja hkbp kotabaru
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Feb 2016 12:52
Last Modified: 25 Feb 2016 12:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19544

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum