AL MUHSINAT AL BADI'IYYAH FI ASH'AR IBN SAHAL AL ANDALUSI FI DIWANIHI AL FAIYYAH (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH BADI'IYYAH)

ARIF HIDAYATULLOH, NIM. 11110076 (2016) AL MUHSINAT AL BADI'IYYAH FI ASH'AR IBN SAHAL AL ANDALUSI FI DIWANIHI AL FAIYYAH (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH BADI'IYYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL MUHSINAT AL BADI'IYYAH FI ASH'AR IBN SAHAL AL ANDALUSI FI DIWANIHI AL FAIYYAH (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH BADI'IYYAH))
11110076_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AL MUHSINAT AL BADI'IYYAH FI ASH'AR IBN SAHAL AL ANDALUSI FI DIWANIHI AL FAIYYAH (DIRASAH TAHLILIYYAH BALAGHIYYAH BADI'IYYAH))
11110076_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam dunia kesustraan Arab pada zaman jahiliyah syair sangat di mininati oleh orang-orag Arab, karena Arab di anggab sebagai bentuk gubahan yang di hasilkan dari kehalusan perasaan dan keindahaan daya khayal dari seorang penyair. Syair di artikan sebagi kata-kata yang berirama dan berqafiyah yang mengungkapakan imajinasi dalam bentuk ungkapan yang mengesankan dan mendalam, sedangkan qawafi adalah jamak dari qafiyah yang di artikan sebagai rima, dalam bahasa indonesia, yang membahas ujung kata dalam sebuah bait syair. Rima yang di maksutkan adalah rima yang di tinjau dari segi huruf ,harakat, dan jenis arudliyah dan qawafi. namun penulis disini ingin mengamati dari unsur internal bukan eksternalnya yaitu dari segi ilmu balaghah dengan membatasi pada qafiyyah fa’ yang berada dalam diwan ibn sahal al andalusi. Oleh karena penulis memilih qafiyah fa’ yang terdiri dari lima tema dari diwan ibnu sahal al andalusi dengan menggunakan pendekatan ilmu balaghah. Nama lengkap ibnu sahl Al Andalusi adalah Abu Ishaq Ibrahim Ibn sahl Al isroili. Ia lahir di sevilla pada tahun 606 h / 2121-3 m dan wafat pada tahun 646 m / 2152 h oleh karena itu penulis bermaksud meneliti lima tema yang terdapat dalam diwanya dengan pendekatan ilmu balaghah untuk mengetahui keindahan unsur gaya Bahasa yang di gunakan serta makna dan pesan yang ingin di sampaikan oleh ibn sahal al andalusi dalam diwanya. Dari penelitian yang kami dapatkan dalam puisi Ibn sahl al andalusi terdapat gaya bahasa jinas yaitu jinas tam dan jinas ghairu tam keseluruhan uslum jinas yang di gunakan dalam puisi Ibn sahl al andalusi kususnya pada qofiyah fa’ sebanyak sebelas gaya bahasa jinas dan lima gaya bahasa sajak dan empat gaya bahasa tauriyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Alwan Khoiri, MA
Uncontrolled Keywords: AL MUHSINAT AL BADI'IYYAH FI ASH'AR IBN SAHAL
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 25 Feb 2016 14:09
Last Modified: 25 Feb 2016 14:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum